Lompat ke isi utama
busana yang di desain kawan Tuli Yogyakarta

Mengintip Peragaan Busana Karya Para Desainer Tuli dari Kelas DeaFash

Solider.id, Yogyakarta - Kelas desain pakaian khusus tuli (DeaFash), akhirnya berhasil melahirkan para desainer, dengan karya mereka yang menawan. Meski dalam waktu sangat terbatas, empat kali pelatihan, 18 koleksi hasil karya para desainer tuli mampu ditampilkan. Empat jenis kain (lurik, batik, ecoprint dan sibori) dieksplorasi oleh peserta DeaFash menjadi pakaian dengan berbagai mode.

 

Seluruh hasil karya DeaFash dapat disaksikan melalui channel youtube, berikut: desain kelompok lurik pada link: https://youtu.be/883tXYQ6FR4. Adapun desain kelompok batik dalam link: https://youtu.be/dxJoCpuP49s. Kelompok ecoprint: https://youtu.be/maXyKIwa3UM, serta kelompok sibori pada link:  https://youtu.be/1T2K8Xtfx1I.

 

Istofany Api Diany, pemilik ide sekaligus ketua penyelenggara DeaFash, boleh merasa bangga. Bagaimana tidak? Praktik baik yang dia jalankan mampu membuahkan hasil, meski dalam waktu yang terbatas, mulai Juli – Agustus 2022. Tujuan memberikan kesempatan seluas-luasnya pada tuli mengembangkan potensi di bidang merancang pakaian, mampu diselesaikannya.

 

Baca Juga:  19 Karya Desain Fesyen Lahir dari Kelas DeaFash

 

Selama empat kali pelatihan, peserta mendapatkan teori dan praktik, bagaimana menciptakan desain pakaian. Paska desain jadi, DeaFash mendatangkan para penjahit busana. Selanjutkan diperagakan dalam bentuk peragaan busana secara online (virtual fashion show). Dengan tujuan karya para desainer tuli dapat dinikmati setiap kalangan, tanpa batas pulau, bangsa atau pun negara.

 

Istofany, pemilik platform fitinline.com itu menginformasikan, bahwa masih akan ada pertemuan luring bersama seluruh peserta. Yakni, Oktober mendatang peserta DeaFash akan belajar cara menggunakan aplikasi. Bagaimana membuat brand (merek). Alumni UI dan ITB itu berharap seluruh desainer tuli dapat membuat logo bisnis, serta karya desain berupa gambar menarik.

 

DeaFash adalah kegiatan pelatihan fashion desain gratis untuk temen Tuli. Penyelenggara Fitinline.com, didukung oleh Pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme yang diadministrasikan oleh Australia Awards in Indonesia[].

 

Reporter: Harta Nining Wijaya

Editor     : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.