Lompat ke isi utama
seminar akomodasi yang layak bagi difabel dalam hukum oleh ciqal

Yayasan CIQAL Selenggarakan Seminar HAM Kelompok Rentan

Solider.id, Yogyakarta – Yayasan CIQAL (Center for Improving Qualified Activity in Life of People with Disabilities) yaitu pusat untuk pengembangan kegiatan yang berkualitas dalam kehidupan difabel, menginisiasi kegiatan seminar yang mengangkat tema: ‘Komitmen Pengada Layanan dan Pemerintah Daerah terkait Pemenuhan Hak Atas Akomodasi yang Layak dalam Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak dengan Disabilitas di Kabupaten Bantul.’

 

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Jum’at pagi (16/9) di Hotel Lynn, Jogokaryan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Mereka yang turut hadir adalah dari pengada layanan, aparat penegak hukum (APH), organisasi difabel Yogyakarta, perwakilan dari sekolah luar biasa (SLB), kader desa, hingga para pemerhati isu difabel dan perempuan serta masyarakat dari Kabupaten Bantul.

 

Tutik Purwanimgsih, tim penyelenggara menyampaikan, isu kasus kekerasan terhadap perempuan, anak dan difabel masih kerap terjadi di lingkungan masyarakat. Seminar ini digagas agar apa yang selama ini masih menjadi tantangan tersebut bisa mendapatkan jalan keluar dan mendapatkan jaringan yang semakin kuat.

“Kasus tindak kekerasan pada perempuan, anak dan difabel masih banyak terjadi. Beberapa kasusnya sudah masuk hingga ranah pengadilan,” terang ia.

 

Baca Juga: Subjek Hukum dan Akomodasi yang Layak Difabel dalam Persidangan

 

Dari beberapa kasus kekerasan yang terjadi terhadap perempuan dengan kedifabelan, perlu adanya bantuan dari pemerintah untuk penanganan secara khusus. Karena itu sangat diperlukan lembaga yang memiliki layanan dengan akomodasi yang layak. 

 

Lebih jauh Nuning Suryatiningsih, narasumber dari Ciqal, memaparkan tentang layanan akomodasi yang layak ini, bagi korban kekerasan pada anak, perempuan dan difabel, diperlukan komitmen dari berbagai pihak. Mereka adalah pihak dari pemerintah daerah, aparat penegak hukum, pengada layanan lain yang fungsinya untuk membantu memberikan keadilan dan hak-hak kepada korban, sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku.

“Komitmen para pihak tersebut dalam memberikan layanan akomodasi yang layak dalam penanganan kasus bagi korban anak, perempuan dan difabel, merupakan pemenuhan hak dalam peradilan,” paparnya.

Dengan dilangsungkannya seminar tersebut, diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang pentingnya hak atas akomodasi yang layak dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan, anak dan difabel. Selain itu juga, diharapkan mampu menciptakan komitmen dari pemerintah daerah dan pengada layanan dalam memberikan layanan akomodasi yang layak dalam setiap penanganan kasus bagi korban perempuan, anak dan difabel.[]

 

Reporter: Srikandi Syamsi

Editor     : Ajiwan Arief

 

 

The subscriber's email address.