Lompat ke isi utama
salah satu pejabat di NTT

Pembahasan Strategi Kolaborasi Program INKLUSI dengan Pemerintah Provinsi NTT

Solider.id, Kupang GARAMIN NTT di bawah naungan SIGAB Indonesia dan Program SOLIDER-INKLUSI, Kamis (15\9) bertempat di Ruang Asisten Provinsi NTT dan dihadiri oleh perwakilan Sekretariat INKLUSI, perwakilan Mitra INKLUSI (Aisyiyah) Migrant CARE, KAPAL Perempuan, Kemitraan, PEKKA, PKBI, SIGAB, dan Yayasan BaKTI beserta Submitra. Serta perwakilan Pemprov NTT, Pemda Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Lembata, Kabupaten Alor, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Rote Ndao mengadakan perancangan kerja kolaborasi Program INKLUSI dengan Pemerintah Provinsi NTT. Tujuan dari agenda ini untuk membangun jejaring dengan Pemerintah Provinsi NTT dalam hal pemenuhan dan penyetaraan bagi Kaum Difabel.

 

Dalam Sambutannya, Sekertaris Daerah (Sekda) Domu Warandoy mengatakan beberapa hal tentang keberadaan difabel di NTT serta peran pemerintah provinsi terhadap kaum difabel di NTT. “Di NTT sudah ada staff khusus gubernur untuk difabel dan yang menjadi Staff khusus Juga seorang difabel,” kata Domu dalam sambutannya pada acara pembukaan.

 

Hal penting yang juga disampaikan Domu dalam sambutannya adalah menghilangkan kata “berbeda” antara sesama kita dan kaum difabel di NTT. Ia juga tak lupa memberikan apresesiasi untuk GARAMIN NTT yang telah menyelenggarakan program Ini dan juga telah memberi ruang kepada difabel untuk dapat bersuara dan berdampak bagi NTT.

 

 

Dalam agenda kegiatan yang berlangsung turut disampaikan materi dari staff khusus gubernur bidang difabel, Dina Novista Noach. Dalam materi yang di sampaikan Dina juga mengatakan bawasannya di NTT sudah di terbit Pergub yang akan mengatur tentang difabel, dan keterlibatan para difabel juga sudah mulai terlihat dalam berbagai acara-acara penting di pemerintah Provinsi NTT. Kendati begitu, Dina turut menyinggung beberapa aksesibilitas yang belum memadai untuk para kaum difabel di NTT. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dibereskan.

Selanjutnya juga ditambahkan lagi oleh Kabid Pemerintah dan Pembangunan Manusia, Esron Melsis Elim, tentang berbagai program prioritas Provinsi NTT serta arah kebikan-kebijakan dan data di NTT yang berkaitan dengan difabel di NTT. Program kerja dari submitra dari INKLUSI juga dipaparkan dalam pertemuan ini dan nantinya akan di sepakati bersama dengan Pemerintah Provinsi NTT.

 

Penulis: Defitri

Editor   : Bima Indra

The subscriber's email address.