Lompat ke isi utama
SAMBUTAN KETUA KONI diy PADA PEMBUKAAN PEPARDA 2922

Pembukaan Porda dan Peparda DIY 2022

Solider.id, Sleman – Pembukaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke XVI dan Pekan Paralimpik Daerah ke III Daerah Istimewa Yogyakarta 2022, berlangsung pada Kamis malam (1/9) di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman. Event ini akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 9 September 2022 dengan tuan rumah Kabupaten Sleman.

 

Membuka secara langsung perhelatan olahraga terbesar tingkat daerah tersebut, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam X, Wakil Gubernur DIY. Turut hadir pula diantaranya, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo, Bupati Sleman. Danang Mahesa SE, Wakil Bupati Sleman. Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto,M. Kes, Ketua Umum Koni DIY. Haryanto, Ketua NPCI DIY. Ketua Umum Koni Pusat. Perwakilan DPRD DIY, Wakapolda DIY, Ketua Pengadilan Tinggi DIY. dan Bupati dari Gunung Kidul, Kulon Progo, Bantul, dan lainnya.

“Porda dan Peparda merupakan event murni sebagai wadah para atlet untuk berprestasi yang digelar tiap dua tahunan. Tujuannya, menjaring atlet potensial untuk dipersiapkan ikuti berbagai event baik nasional maupun internasional,” ungkap Djoko Pekik dalam sambutannya.

Porda dan Peparda kali ini diikuti oleh empat kabupaten dan satu kota di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara itu, tema Porda XVI dan Peparda III DIY 2022 adalah ‘Nyawiji Yasa Prestasi,’ (Bersatu dengan prestasi) dengan maskot ‘Si Elja’ atau ‘Elang Jawa’. Burung ini merupakan satwa endemik Sleman yang dinilai mampu mewakili semangat juang Sleman.

“Atlet Porda 3.649 orang dan atlet Peparda 335 orang. Sejumlah pelatih dan offisial. Untuk Porda mempertandingkan 44 cabang olahraga, 494 nomor, memperebutkan 494 medali Emas, 494 Perak dan 644 Perunggu. Untuk Peparda mempertandingkan 10 cabang olahraga, 135 nomor, memperebutkan 135 medali Emas, 126 Perak dan 82 Perunggu,”paparnya.

 

Tempat pertandingan di wilayah Kabupaten Sleman sekitar 97%, sisanya pertandingan di tempatkan beberapa wilayah lain.

 

Kustini Sri Purnomo, Bupati Sleman menyampaikan harapannya agar pelaksanaan Porda Peparda di Sleman dapat berjalan lancar dan dapat menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dan berharap untuk cabang olahraga yang dipertandingkan diluar Sleman dapat terakomodir dan terlayani dengan baik.

“Hanya ada tiga cabang olahraga yang tempatkan diluar Sleman. Cabang olahraga Dayung di Waduk Sermo Kulon Progo, Aersport di Lapangan Udara Gading Gunung Kidul dan Sepatu Roda di Stadion Sultan Agung Bantul,” terang ia.

 

Dipilihnya Kabupaten Sleman sebagai tuan rumah penyelenggara Porda dan Peparda 2022, Kustini juga memiliki tiga target sukses, yaitu sukses dalam penyelenggaraannya, sukses prestasinya, dan sukses membangkitkan ekomoni.

Adapun kesepuluh cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Peparda III DIY yaitu, Atletik, Angkat Berat, Bocia, Bulutangkis, Catur, Goalball, Panahan, Tenis Meja dan Renang.[]

 

Reporter: Srikandi Syamsi

Editor     : Ajiwan Arief

 

The subscriber's email address.