Lompat ke isi utama
Peserta difabel pengguna kursi roda sedang mengikuti Pelatihan UMKM Inklusif

22 Pendamping dan Pelaku UMKM Mengenal Panduan Usaha Inklusif

Solider.id, Solo,- Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Indonesia bersama Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) dan Tim Advokasi Difabel (TAD) Kota Surakarta melalui dukungan ASEAN Protect yang diimplementasikan oleh GIZ Indonesia mengadakan pelatihan Panduan Teknis UMKM untuk Perilaku Usaha yang Adil dan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas bagi pelaku UMKM di Solo, pada Selasa (9/8).

 

Pelatihan diikuti 12 pendamping dan 10 difabel pelaku UMKM yang berdomisili di Solo. Di pelatihan tersebut para peserta akan mendapatkan materi terkait memahami dan praktik bagaimana membangun usaha yang memberikan akomodasi bagi konsumen difabel.

 

“Jadi pelatihan ini para peserta diharapkan dapat memahami isi serta mempraktikkan poin-poin penting yang ada di dalam panduan,” tutur Saktyarini Hastutik dari LKY.

 

Panduan ini merupakan bagian dari rekomendasi hasil riset yang telah dilakukan sebelumnya terkait Pelindungan Konsumen difabel. Panduan ini menawarkan rujukan bagi pelaku usaha, utamanya yang berbasis digital dalam memahami dan mengakomodasi kebutuhan akses penyandang disabilitas dan sekaligus memastikan hak konsumen dengan disabilitas terpenuhi dan terlindungi saat bertransaksi digital.

 

Download Panduan Teknis UMKM untuk Perilaku Usaha yang Adil dan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas di Sini.

 

Panduan tersebut juga dapat dirujuk oleh kalangan organisasi yang bergerak di isu perlindungan konsumen untuk mengawasi pola transaksi agar lebih berperspektif disabilitas. Panduan ini juga dapat dimanfaatkan oleh pemerintah untuk membangun kesadaran akan perspektif disabilitas yang lebih baik di pegiat UMKM, maupun mengembangkan pengawasan atas keberpihakan dalam perilaku jual-beli barang/jasa.

 

“Selain terkait panduan, peserta juga akan mendapat materi praktik terkait bagaimana mengembangkan bisnis berbasis digital,” lanjut Tutik.[]

 

Redaksi

The subscriber's email address.