Lompat ke isi utama
air kendi dar Jokowi ke calon tuan rumah APG kedepan

Indonesia Juara ASEAN Para Games 2022

Solider.id Surakarta sukses menggelar Asean Para Games 2022. Menjadi tuan rumah pesta olahraga difabel tingkat Asia Tenggara ke-11, Atlet Indonesia berhasil meraih medali terbanyak. Perolehan akhir total 426 medali dengan 175 Emas, 143 Perunggu dan 107 Perak, mengantarkan Indonesia menjadi juara pertama dari sebelas negara Asean.

 

Urutan kedua Thailand dengan 116 Emas, 113 Perak, 88 Perunggu. Ketiga Vietnam dengan 65 Emas, 62 Perak, 55 Perunggu. Keempat Malaysia dengan 36 Emas, 20 Perunggu, 13 Perak. Kelima Philipina dengan 28 Emas, 30 Perak, 46 Perunggu.

 

Sedangkan urutan keenam diduduki Myanmar, ketujuh Singapura, kedelapan Timor Leste, kesembilan Kamboja, kesepuluh Brunai Darusalam dan kesebelas Laos. 

 

Baca Juga: Kirim Atlet Terbanyak, Indonesia jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

 

Puncak keberhasilan olahraga di tanah air, termasuk olahraga difabel yang ditunjukkan dengan prestasi terbaik dan menjadi juara tingkat internasional, didongkrak oleh Disain Besar Olahraga Nasional (DBON) dalam Peraturan Presiden atau PP Nomor 86 Tahun 2021 yang diperlukan sebagai pedoman berisi arah kebijakan pembinaan dan pengembangan olahraga yang dilaksanakan secara komprehensif.

 “Kita patut bersyukur, pelaksanaa Asean Para Games ke - 11 di Solo tahun 2022 telah selesai dilaksanakan. Kegiatan yang bertemakan ‘Stiving for Equality telah diikuti oleh 1907 orang yang terdiri dari 1.248 atlet dan 659 offisial dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga dengan 457 nomor pertandingan, serta memperebutkan 1.260 medali. Dan akhirnya telah keluar sebagai juara umum dengan total raihan medali 425 adalah kontingen Indonesia,” papar  Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga dalam sambutannya.

 

Ia juga menyampaikan, dalam persiapan Asean Para Games memang sangat singkat sekitar 5 bulan dari setelah ditunjuk resmi oleh Asean Para Sports Federation (APSF) yaitu pada Februari 2022 lalu. Namun, Indonesia telah berpengalaman menjadi tuan rumah olahraga tingkat internasional, seperti Asean Para Games Surakarta 2011 dan Asian Para Games Jakarta 2018, sehingga dapat mempersiapkan dengan baik.

 

Asean Para Games berlangsung sejak 31 Juli, ditutup pada 6 Agustus oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Manahan Solo.

“Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerjakeras, disabilitas mampu mencetak berjuta prestasi,” ucap Joko Widodo dalam kata sambutannya sekaligus menutup Asean Paran Games ke-11.

 

Asean Para Games ke-12 tahun 2023 akan diselenggarakan di Kamboja, sebagai lambang pergantian tempat tuan rumah, Presiden Republik Indonesia memberikan air kendi kepada pihak Kamboja.[]

 

Reporter: Srikandi Syamsi

Editor    : Ajiwan Arief

 

The subscriber's email address.