Lompat ke isi utama
salah satu pertandingan Asean Paragames

Kirim Atlet Terbanyak, Indonesia jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Solider.id – ASEAN Para Games XI tahun 2022 di gelar di Solo, 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang. Acara dibuka oleh Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia yang dilaksanakan di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah Sabtu petang (30/7)

 

Pekan olahraga dua tahunan tingkat Asia Tenggara ini diikuti oleh 1.648 atlet dan 661 ofisial dari 11 negara yaitu: Brunai Darusalam, Thailand, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

 

Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah: Blind Yudo, Para Badminton, Para Table Tennis, Para Chess, Para Archery, Para Atletik, Boccia, Para Powerlifting, Para Swimming, Wheelchair Tennis, Wheelchair Basketball, Goalball, Cerebral Palsy Football dan Sitting Vollyball.  Dan digelar di empat belas venue di Kota Solo, Karanganyar, Sukoharjo dan Semarang.

 

ASEAN Para Games XI akhirnya dapat dilaksanakan di Indonesia tahun ini setelah pembatalan penyenggaraan di Filipina pada 2019 dan mundurnya Vietnam sebagai tuan rumah di tengah pandemi covid-19 tahun lalu.

 

Indonesia selain menjadi tuan rumah, juga menjadi negara yang mengirimkan atlet terbanyak yaitu 324 Atlet dalam 14 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Hingga tanggal 2 Agustus kemarin, perolehan medali sementara kedudukan tertinggi diraih oleh Indonesia dengan total 34, dan rincian: Emas 15, Perak 10, Perunggu 8. Disusul urutan kedua, Thailand total medali 25 dengan 9 Emas, 11 Perak dan 5 Perunggu. Urutan ketiga di tempati oleh Vietnam total medali 21 dengan 9 Emas, 7 Perak dan 5 Perunggu.

 

Di urutan keempat di duduki Malaysia, kelima Philipina, keenam Singapura, ketujuh Myanmar, kedelapan Kamboja, kesembilan Timor Leste, kesepuluh Laos, kesebelas Brunai Darusalam.[]

 

Reporter: Srikandi Syamsi

Editor        : Ajiwan Arief

 

The subscriber's email address.