Lompat ke isi utama

Baihaqi Masih Menanti Keadilan

Solider.id – Pada 31 November 2021, Mahkamah Agung telah mengabulkan gugatan Muhammad Baihaqi, difabel Netra korban diskriminasi dalam seleksi CASN 2019. Mahkamah Agung membatalkan surat keputusan Sekretaris Daerah Jawa Tengah yang menyatakan Muhammad Baihaqi tak lolos dalam seleksi CASN 2019. Mahkamah Agung juga memerintahkan pemprov Jawa Tengah segera menertibkan keputusan tata usaha negara yang menyatakan bahwa Muhammad Baihaqi lulus dan memenuhi syarat sebagai CASN. Namun, sayangnya pemprov Jawa Tengah tak kunjung melaksanakan putusan Mahkamah Agung tersebut.

 

Muhammad Baihaqi masih berharap itikat baik pemprov Jawa Tengah untuk segera melaksanakan putusan Mahkamah Agung. Menurut kketerangan Baihaqi yang dihubungi Solider 03/06/2022, pihaknya telah berkirim surat kepada pemprov Jawa Tengah tanggal 2 Maret 2022. Dalam surat tersebut, ia menagih komitmen pemprov Jawa Tengah untuk melaksanakan putusan Mahkamah Agung. Kala itu, pihak pemprov Jawa Tengah memberikan surat balasan yang mengatakan bahwa mereka masih menunggu arahan dari BKN untuk melaksanakan putusan Mahkamah Agung. Tetapi, hingga kini, belum ada tindak lanjut dari pemprov Jawa Tengah untuk melaksanakan putusan Mahkamah Agung.

 

Syamsuddin Arif, anggota tim penasihat hukum Muhammad Baihaqi dari LBH Semarang, mengkonfirmasi bahwa pihaknya telah berkirim surat kepada pemprov Jawa Tengah sebagai tergugat tanggal 2 Maret 2022. Tanggal 7 Maret 2022, mereka memberikan surat balasan bahwa masih berkonsultasi dengan BKN. Setelah itu, pemprov Jawa Tengah belum menunjukan itikat baiknya untuk memenuhi hak Muhammad Baihaqi.

 

Baca Jugs: Harapan Baihaqi Setelah Memenangkan Kasasi

 

Syamsuddin Arif menambahkan, bahwa tim penasihat hukum Muhammad Baihaqi telah melaporkan hal ini kepada Kantor Staf Presiden (KSP) dan Komisi Nasional Disabilitas (KND). Upaya ini dilakukan, agar kedua Lembaga negara tersebut melakukan pemantauan terhadap eksekusi putusan Mahkamah Agung yang memenangkan Muhammad Baihaqi.

 

Syamsuddin Arif masih menunggu agar putusan ini segera dilaksanakan. Ia juga berharap agar KSP dan KND dapat memfasilitasi BKN dalam memantau dan mengeksekusi putusan.

 

Tim penasihat hukum Muhammad Baihaqi telah rutin berkomunikasi dengan KSP dan KND. Menurut keterangan Syamsuddin Arif 09/06/2022, KSP dan KND berkomitmen untuk mengawal kasus ini hingga Muhammad Baihaqi mendapatkan keadilan.

 

Tenaga Ahli KSP Sunarman Sukamto menjelaskan kepada Solider bahwa kasus Muhammad Baihaqi hingga saat ini belum menemui titik terang. KSP dan KND masih terus memantau komunikasi antara tim penasihat hukum Muhammad Baihaqi dengan pemprov dan DPRD Jawa Tengah.

 

Sunarman melanjutkan, jika pihak tergugat kurang proaktif untuk melaksanakan putusan Mahkamah Agung, pihaknya akan memfasilitasi pertemuan antara penggugat dan tergugat beserta pihak terkait, yakni BKN dan Kemenpan-RB. Saat ditanya kapan hal ini akan dilaksanakan, Sunarman menjawab bahwa pihaknya masih menunggu hasil komunikasi antara tim penasihat hukum Muhammad Baihaqi dengan pihak tergugat dan DPRD Jawa Tengah. Demikian jelas Sunarman kepada Solider 15/06/2022.[]

 

Reporter: Tio Tegar

Editor     : Ajiwan Arief

 

 

The subscriber's email address.