Lompat ke isi utama

UII Tawarkan Mata Kuliah Terkait Difabel

Solider.id - Program Studi Hubungan Internasional Universitas Islam Indonesia (UII) saat ini telah memiliki mata kuliah yang membahas isu difabel. Nama mata kuliah tersebut adalah Politik Global Disabilitas. Hal ini diungkapkan oleh dosen pengampu mata kuliah Politik Global Disabilitas, Muhammad Zulfikar Rakhmat, dalam webinar yang berjudul “Urgensi Mata Kuliah Disabilitas dalam Studi Hubungan Internasional” 22/04/2022.

 

Muhammad Zulfikar menjelaskan bahwa pada mata kuliah ini, mahasiswa akan diberi kesempatan untuk belajar isu difabel dari perspektif hubungan internasional. Topik-topik yang akan dibahas antara lain kaitan antara isu difabel dengan konflik, perdagangan internasional, ekonomi internasional, dan power.

 

Menurut laki-laki yang akrap disapa Fikar ini, peluncuran mata kuliah Politik Global Disabilitas dalam program studi Hubungan Internasional merupakan hal yang baru. Sebabnya, menurut Fikar, selama ini kajian mengenai isu difabel di Indonesia lebih banyak dibahas dalam fakultas Pendidikan.

 

Munculnya gagasan untuk menawarkan mata kuliah ini, terinspirasi dari pengalaman yang ada di Inggris. Disana, mata kuliah terkait difabel tidak hanya diajarkan dalam fakultas Pendidikan saja. Misalnya saja, University of Edinburgh pernah menginisiasi mata kuliah Studi Disabilitas dalam kajian ilmu sosial dan politik, meskipun kini sudah tidak menyediakan mata kuliah tersebut.

 

Fikar yang pernah menempuh studi di Inggris, merasa beruntung karena berhasil mengakses silabus mata kuliah Studi Disabilitas yang pernah diajarkan di University of Edinburgh. Silabus ini yang menjadi panduan awal dalam pengajaran mata kuliah Politik Global Disabilitas di Universitas  Islam Indonesia.[]

 

Reporter: Tio Tegar

Editor     : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.