Lompat ke isi utama
Deden sang pencipta lagu tentang CP

Daden Arga Ciptakan Karya Baru Lirik Lagu Cinta dari Cerebral Palsy

Solider.id – Secara universal, Cerebral Palsy atau CP merupakan suatu kelainan kongenital pada gerak, otot atau postur yang disebabkan oleh perkembangan otak yang terhambat, bahkan sebelum lahir. Difabel cerebral palsy  ada yang termasuk difabel ringan dan berat. Pada umumnya mereka mengalami hambatan berbicara, selain pada gerak tubuh yang kaku atau lemah.

 

Keterbatasan bukan halangan. Difabel cerebral palsy kini turut meramikan dunia musik dengan menuliskan lirik lagu yang bisa dibawakan orang lain, misalnya saja oleh grup band.

 

Adalah Daden Arga Bisma, difabel cerebral palsy pengguna kursi roda asal Cianjur yang telah berhasil membuat lirik lagu dan dibawakan oleh grup band D'Kamp Project asuhan sang ayah. Sebelumnya Daden memang sudah dikenal sebagai penulis buku puisi dan youtuber. Dadenarga TV salah satu channel yang hingga saat ini menjadi ruang ia untuk terus berkreasi.

“Grup band ini adalah asuhan sang  ayah yang sempat terputus dan sekitar satu tahun lalu berkumpul kembali. Kita sambil belajar membuat lingkungan inklusif pada dunia musik di Cianjur. Tahun ini fokus pada promosi lagu ini,” papar Daden penulis lirik lagu ‘Cinta dari Cerebral Palsy,’ yang baru rilis di channel pribadinya.

 

Nama grup ini pun baru terbentuk pada 11 Oktober 2021 kemarin, beranggotakan tujuh personil nondifabel yaitu; Githo, Ewink, Ace, mereka pada vokal, Dendi pada keyboard, Ari pada gitar, Eka pada bass dan Ozan drum. Menurut mereka, lirik lagu ini merupakan gambaran sebuah cinta yang tak tersampaikan secara utuh, walaupun cinta sejati tidak harus memandang keterbatasan fisik.

“Inilah bentuk kecemasan dan keikhlasan perasaan,” ungkap personil D’Kamp.

Lirik lagu ‘Cinta dari Cerebral Palsy’ yang ditulis oleh Daden Arga, composer oleh Ace Kojo ini akan segera di-launching di tahun 2022, Masyarakat bisa mengaksesnya melalui You Tube channel Dadenarga Tv https://youtu.be/HU9EkftTya4 yang masih dalam bentuk lirik belum disertai video klip.

 

Baca Juga: Dari Difabel untuk inklusi dan Pesan Difabel Netra Lewat Musik

 

Pembuatan lagu ini termasuk cepat, Daden hanya membutuhkan waktu tiga hari saja untuk menuliskan liriknya. Sedangkan untuk aransemen musik dilakukan oleh composer dan personil band D`Kamp Project selama enam bulan, yaitu 11 September 2021 hingga akhirnya launcing video lirik di Youtube pada 23 Maret 2022.

 

“Sejak dulu ayah memang gemar musik, dan tahun 2011 terjalin hubungan kekeluargan dengan beberapa grup band asal Cianjur yang bernaung di bawah lebel musik maupun band indi. Ayah juga pertemukan mereka kembali pada kegiatan perkemahan. Kekompakan mereka terjalin dengan erat yang akhirnya sepakat membentuk band dengan nama D`Kamp Project,” terang Daden, saat menjabarkan keterlibatan ayahnya dalam mendukung ia berkarya di dunia musik.

Sebagai lahan promosi, lagu tersebut dapat diakses melalui platfom musik digital seperti Youtube DadenArga TV, Instagram @dadenarga, aplikasi musik resso juga Tik-Tok. Cara promosi Daden secara pribadi adalah dengan share lagu di seluruh media sosialnya, sampai mengajak beberapa teman untuk merepost atau posting ulang pada media sosial mereka.

“Pembuatan video klip sudah direncanakan, semoga bisa secepatnya,” imbuh ia.

Judul ‘Cinta dari Cerebral Palsy’ tersebut dipilih karena Daden ingin menguatkan argumentasi mengenai difabel cerebral palsy yang juga mampu mencintai semua insan lewat doa yang mereka manjatkan. Hingga mereka pun kelak akan dicintai dengan tulus layaknya insan manusia pada umumnya.

“Difabel cerebral palsy mampu mencintai dengan tulus, hingga mereka pun akan dicintai pula,” ungkap ia, pesan yang ingin disampaikan Daden dalam lirik tersebut.

 

Dengan lahirnya karya baru di dunia musik tanah air hasil kolaborasi difabel Cerebral Palsy dan grup band nondifabel, membuat peran difabel semakin masif, terus berkembang menggali potensi serta peluang mereka.[]

 

Reporter: Srikandi Syamsi

Editor     : Ajiwan Arief

 

 

The subscriber's email address.