Lompat ke isi utama
Troy Kotsur

Troy Kotsur Memecah Hening Dunianya Melalui Karya Sinematografi

Troy Kotsur (53), hening dunianya tak menjadi hambatan merepresentasikan diri. Aktor Amerika Serikat itu memecah hening dunianya melalui karya. Kotsur berhasil menorehkan catatan sejarah di dunia sinematografi. Tak akan dilupakan, Troy Kotsur menjadi aktor Tuli pertama yang memenangkan Oscar sepanjang perhelatan Academi Awards

 

Solider.id, Yogyakarta. Ajang penganugerahan karya industri film Academy Award 2022 membawa kemeriahan yang luar biasa. Salah satunya kemenangan Troy Kotsur, aktor tuli pertama yang berhasil memenangkan Piala Oscar.

 

Kotsur berhasil meraih piala Best Supporting Actor saat memerankan Frank Rossi dalam film CODA (Child of Deaf Adults). Sebuah film penuh haru, mengisahkan seorang remaja yang lahir dalam keluarga tuli. Film ini merepresentasikan sebuah kedekatan, mimpi dan harapan dalam keluarga.

 

Troy Michael Kotsur, adalah nama lengkap dari aktor Tuli peraih Oscar 2022 itu. Pria kelahiran 24 Juli 1968 itu, menjadi tuli sejak lahir. Kotsur telah lama menyadari pentingnya representasi tuli di dunia akting. Ia ingat saat menonton Marlee Matlin mendapat Oscar pada 1986. Meski perjalanan karirnya tidak mudah, momen itu menginspirasi dirinya sebagai aktor tuli.

 

Dan, Troy berhasil membuktikan bahwa tak ada batasan baginya untuk bergabung di industri perfilman. Dalam pidatonya, Ia menyampaikan kebahagiaannya dalam bahasa isyarat. Ia mendedikasikan kemenangannya untuk  tuli.

“Penghargaan dan kemenangan ini saya dedikasikan untuk penyandang disabilitas tuli, komunitas CODA dan seluruh penyandang disabilitas di seluruh dunia. Aku juga ingin mempersembahkan Piala ini untuk ayah yang kini lumpuh akibat kecelakaan. Meskipun ayah dan keluarga ku tak bisa hadir, namun lihatlah aku di sini sekarang. Aku sangat menyayangi kalian,” kata Troy Kotsur dikutip dari laman Variety, Senin (28/3).

"Ayah, aku belajar banyak darimu. Aku akan selalu mencintaimu. Kamu adalah pahlawan bagi saya," kata Kotsur teramat sedih.  Pada pidatonya, Kotsur sempat membuat gaduh panggung Oscar 2022 karena leluconnya.

 

Baca Juga: CODA, Film Terbaik di Oscar 2022 dengan Para Aktor Tuli

Dia dan pemain film 'CODA' lainnya berkesempatan mengunjungi Gedung Putih. Mereka bertemu dengan Joe dan Jill Biden. Diceritakan, pada momen pertemuan tersebut Kotsur mengajari Joe dan Jill bahasa isyarat terkait dengan kata-kata umpatan. Hal ini membuat Marleen Matlin, aktris tuli, mengomentari Kotsur yang telah berbuat usil ke Joe dan Jill. 

 

Kotsur juga menyampaikan pesan luar biasa untuk Sian Heder, penulis sekaligus sutradara film CODA. Dia mengatakan bahwa Heder adalah orang yang amat berjasa bagi teman tuli.  "Sian Heder, Anda adalah komunikator terbaik, karena menyatukan dunia tuli dan dunia mendengar, dan jadi jembatan kami bisa berkarya di dunia mendengar. Karena Anda, dalam keheningan, saya berbicara melalui karya," kata Kotsur. 

 

Bukan tanpa alasan Kotsur yang dipilih sebagai pemenang.  Selain aktingnya yang luar biasa di CODA, Kotsur sendiri sudah beberapa kali menerima penghargaan di dunia perfilman. Pria berusia 53 tahun itu pernah memenangkan penghargaan di British Academy Film Award, Screen Actors Guild Award, and Critics’ Choice Award. 

 

Sebagaimana dirilis di Surat Kabar Harian KOMPAS, Kamis (31/3) Kotsur mengaku terberkati. “Saya merasa sangat terberkati untuk dapat mengambil langkah ke depan. Saya pikir sudah waktunya bagi Hollywood untuk lebih berpikiran terbuka, lebih kreatif dan lebih beragam. Setiap orang punya cerita untuk diceritakan,” Kata Kotsur. []

 

Reporter: Harta Nining Wijaya

Editor     : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.