Lompat ke isi utama
plang papan nama depan kantor sigab indonesia

Respons SIGAB Hadapi Pandemi Covid-19

Solider.id - Pagi itu jam menunjukkan pukul 09:20 WIB. Terik matahari  semakin meniggi di kota Jogja. Meski begitu susasana hangat  masih terasa, sekitar 10 menit sudah perjalanan kru  Praktik Pengenalan Lapangan PPL Solider.id menuju kantor Sasana Inklusi & Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) yang terletak di Jl. Kopral Samiyo, Sribit, Sendangtirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (04/01/22)

 

Sebuah bangunan berdiri kokoh di tengah persawahan dengan papan nama tertancap di depan bangunan tersebut bertuliskan “Sasana Inklusi & Gerakan Advokasi Difabel” SIGAB. Sosok paruh baya menyambut kedatangan perjalanan kru PPL Solider.id tersebut setelah sebelumnya bersepakat bertemu guna wawancara terkait program kerja SIGAB selama pandemi Covid-19.

 

Saat ditemui di kantornya Suharto selaku direktur  eksekutif SIGAB, menceritakan di masa awal pandemi Covid-19 SIGAB sebagai Layanan Swadaya Masyarakat (LSM) terus berupaya memberikan kontribusi bagi masyarakat baik berupa kebutuhan sanitasi maupun kebutuhan sehari-hari. SIGAB juga berupaya meningkatkan kesadaran masyarkat mengenai dampak Covid-19 termasuk pencegahan 5M dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. Selain itu SIGAB  juga bekerjasama dengan instansi terkait vaksinasi dalam proses pendataan dan transportasi ke lokasi vaksinasi bagi teman-teman difabel agar bisa terlaksana.

“Kami fokus kepada respon Covid-19 jadi di tahun pertama ada beberapa pemberian bantuan, mulai dari pemberian bantuan kebutuhan sanitasi termasuk kebeberapa desa kita buatkan  westafel portabel yang bisa di pindah-pindah dan membantu proses vaksinasi untuk teman-teman difabel”tuturnya.

 

Dampak pandemi Covid-19 mengakibatkan ekonomi masyarakat mati suri. Merespons hal tersebut SIGAB mengadakan program pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat yang terdampak berupa tata cara pengelolaan usaha, pemasaran online, yang menyasar kepada dua kriteria. Pertama, kelompok usaha bersama. Kedua, kelompok rentang yang rawan terkena dampak pandemi Covid-19. Selain itu juga SIGAB ikut memberikan bantuan modal agar usaha yang sudah di jalankan bisa terus berlanjut.

”Kita juga beri pelatihan kewirausahaan tentang bagaimana cara pengelolaan usaha, cara pemasaran secara online, juga berupa bantuan modal yang bisa digunakan untuk pengembangan usaha mereka kedepannya”lanjutnya.  

 

Salah satu program kerja SIGAB yang bergerak di bidang advokasi difabel yaitu ikut andil dalam mendampingi pembuatan peraturan pemerintah mengenai akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas dalam proses peradilan, yang kemudian disahkan pada tahun 2020 lalu, dua tahun terakhir SIGAB fokus memberikan sosialisasi peraturan kepada  penegak hukum baik, kepolisian, kejaksaan, dan peradilan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai isi peraturan pemerintah tersebut. Yang kemudian di  wujudkan dalam bentuk buku berjudul “Akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas dalam proses peradilan”. Bertujuan untuk memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai isi peraturan pemerintah tersebut.

”Sigab juga ikut andil dalam mendampingi pembuatan peraturan pemerintah mengenai akomodasi yang layak untuk penyamdang disabilitas dalam proses peradilan yang disahkan pada tahun 2020 kemudian kami sosialisasikan peraturan tersebut kepada aparatur penegak hukum baik kepolisian, kejaksaan”jelasnya.

 

Tidak hanya ikut andil dalam pembuatan peraturan pemerintah mengenai akomodasi yang layak untuk penyandang disabilitas, SIGAB juga memberikan bantuan hukum dan pendampingan bagi penyandang disabilitas yang berhadapan dengan hukum, tidak hanya di Jogja, Jawa Tengah, dan Jawa Timur tetapi juga di daerah-daerah program SIGAB yaitu Kalimantan Timur  dan Nusa Tenggara Timur.

“Kemudian dalam konteks bantuan hukum kita juga kembangka program bantuan hukun itu tidak hanya di Jogja, Jawa Tengah dan Jawa Timur tapi juga di daerah-daerah program kami Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Timur”imbuhnya.

 

Selama pandemi Covid-19 SIGAB memberikan kontribusi yang sangat membantu kehidupan masyarakat baik dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta ikut andil dalam pembuatan peraturan pemerintah mengenai akomodasi yang layak untuk penyandang disabilitas yang nantinya bisa membantu penyandang disabilitas dalam proses peradilan, juga memberikan bantuan berupa dampingan hukum bagi penyandang disabilitas berhadapan dengan hukum.

 

Reporter: Mukhlis

Editor     : Ajiwan Arief

 

The subscriber's email address.