Lompat ke isi utama
tampilan aplikasi accessive.id

Ujicoba Aplikasi Accessive.id, Cara Mudah Difabel Temukan Tempat Aksesibel

Solider.id, Yogakarta - Kamis 6 Januari 2022, tim pengembang aplikasi Accessive.id berkunjung ke kantor Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (Sigab) Indonesia. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi kepada masyarakat dan aktivis difabel. Muhammad Fahmi Husain lulusan  D3 Universitas Gadjah Mada Depertemen Teknik Elektro dan Informatika mengungkapan bawa aplikasi ini  bertujuan untuk  memudahkan difabel dalam mengakses tempat dan fasilitas publik yang ramah difabel.

“Menurut pengalaman peribadi saya kalaw mau bepergian biasanya informasi yang kita butuhkan itu masih kurang, contohnya kalua kita cari di google maps atau di website itu belum memberikan informasi yang lengkap hanya memberikan informasi yang umum”.

 

Hal inilah yang mendorong Fahmi untuk menciptakan aplikasi yang bisa memberikan informasi terkait tempat dan fasilitas yang mendukung teman-teman difabel dalam mengakses fasilitas ruang publik seperti lembaga Swadaya Masyarakat, Hotel, Tempat Menarik Wisata, Café, dan lain sebagainya.

“Banyak juga dari teman-teman difabel saya yang dari segi partisipasi sosial sangat rendah, itulah yang mendorong kami untuk memberikan aksesibilitas yang lebih memadai.” Ungkapnya saat di temui di ruang rapat kantor Sasana Inklusi & Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) Yogyakarta.

 

Salah satu peserta uji coba aplikasi Accessive.id, Ali Afandi menyambut hangat temuan baru tersebut pasalnya, dalam mengakses aplikasi ini dapat support terhadap aplikasi Screen Reader (pembaca layar). Namun dirinya memberikan sejumlah catatan  bahwa aplikasi ini masih perlu dikembangkan lagi perihal fitur voice agar pengguna bisa mengetahui arah dan fasilitas yang tersedia di lokasi tersebut.

“Mungkin perlu ditambahkan fitur voice jadi ketika kita sudah mengakses lokasi tertentu kita bisa mendapatkan arahan yang tepat.” Jelasnya

 

Reporter: Amin dan Mukhlis

Editor     : Ajiwan Arief

 

 

The subscriber's email address.