Lompat ke isi utama
Poster info donasi TRK Inklusi

Tim Relawanan Kemanusiaan Inklusi Buka Donasi untuk Warga Terdampak Letusan Gunung Semeru

Solider.id,- Tim Relawan Kemanusiaan (TRK) Inklusi membuka donasi untuk membantu warga terdampak letusan gunung Semeru. Donasi akan disalurkan kepada warga terdampak melalui posko TRK Inklusi di Desa Penanggal.

 

Hari Kurniawan atau yang akrab disapa Wawa, salah satu relawan TRK Inklusi menginformasikan, pada 4 Desember 2021, terjadi banjir lahar dingin dan kepulan asap tebal, disertai abu pasir akibat material lava awan panas guguran Gunung Semeru yang terbawa guyuran air hujan. Banjir melewati daerah aliran sungai Besuk Kobokan Ds. Supit Urang Kec. Pronojiwo Kab. Lumajang.

 

Hingga saat ini relawan TRK Inklusi melaporkan ada 45 orang luka-luka, 1 orang (50 tahun) meninggal dunia di Kecamatan Pronojiwo. Di Kecamatan Candipuro sebanyak 57 orang mengalami luka-luka. Banjir lahar dingin juga telah memutus jembatan Gladak Perak sebagai jalur utama Lumajang menuju Malang, yang membuat semua warga terisolasi di Kecamatan Pronojiwo dan Tempursari. Tidak ada akses lagi menuju Kota Luamajang. Selain itu akses menuju lokasi pengungsi masih tertutup hujan yang disertai abu.

 

Informasi yang didapat relawan TRK Inklusi, pada 5 Desember 2021 pukul 14.00 WIB, ada 305 orang dari Kecamatan Pronojiwo yang memutuskan untuk mengungsi di beberapa titik pengungsian diantaranya, SDN Supiturang, Masjid Baitul Jadid Dsn. Supiturang, SDN Oro Oro Ombo 2, SDN Oro Oro Ombo 3, Masjid Pemukiman Dsn. Kampung Renteng Ds. Oro Ombo, Balai Ds. Oro Oro Ombo, Balai Ds. Sumberurip, SDN Sumberurip 2 dan sebagian masyarakat mengamankan diri di rumah keluarganya di sekitar ketinggian Dsn. Kampung Renteng dan Dsn. Sumberbulus Ds. Oro Oro Ombo. Sedangkan 409 orang dari Kecamatan Candipuro dan 188 orang dari Kecamatan Pasirian juga mengungsi di berbagai titik evakuasi, seperti balai desa, tempat ibadah dan gedung sekolah.

 

Saat ini status Gunung Semeru pada level II (Waspada). BPBD Lumajang menggunakan alat berat wheal loader untuk membuka akses jalan Curahkobokan. Posko bantuan utama berada di Pendopo Kabupaten Lumajang.

 

Bagi masyarakat yang ingin membantu silahkan berdonasi melalui Rekening BRI Nomor: 7420-01-007-466-53-5 atas nama YAYASAN LINGKAR SOSIAL INDONESIA. Untuk konfirmasi dan informasi lebih lanjut, Hub: 0857-6463-9993 (Kertaningtyas/Ken Kerta). Sedangkan untuk Informasi di Lapangan, Hub: 0817-5175-154 (Hari Kurniawan/Cak Wawa).[]

 

 

Redaksi

The subscriber's email address.