Lompat ke isi utama
poster lomba foto ombudsman DIY

Ombudsman DIY Gelar Lomba Foto dan Video

Solider.id, Yogyakarta -PELAYANAN publik, sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Tidak hanya tentang persoalan mengurus perizinan, melainkan juga ketersediaan sarana prasarana aksesibel bagi difabel, listrik dan air, pelayanan kesehatan, pendidikan, jaminan sosial, serta segala kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan.

 

Dalam era mewujudkan good governance atau pemerintahan yang baik, pelayanan publik menjadi bagian penting dan titik strategis, termasuk keterlibatan masyarakat (tanpa kecuali) difabel di dalamnya.

 

Dalam upaya membangun kesadaran warga (citizent) terhadap berbagai bentuk layanan publik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Lembaga Pengawas Pelayanan Publik Ombudsman Republik Indonesia (Obudsman DIY) menggelar lomba foto dan video bertema Pelayanan Publik Jogja  di Masa Pandemi Covid-19. Lomba ini bisa diikuti oleh semua warga DIY tanpa kecuali warga masyarakat difabel. Total hadiah senilai Rp 6 juta rupiah, disediakan bagi 6 pemenang dalam 2 kategori lomba (foto dan video).

 

Dari tema besar Pelayanan Publik Jogja  di Masa Pandemi Covid-19, dikelompokkan ke dalam 5 sub tema. Yaitu: (1) vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan atau vaksinasi massal, (2) limbah vaksin, (3) distribusi vaksin, (4) pelayanan fasilitas kesehatan selama pandemic, serta (5) dampak sosial, ekonomi, pendidikan dan layanan publik lainnya selama pandemi.

 

 

Adapun ketentuan peserta sebagai berikut: (1) lomba terbuka untuk umum tidak terbatas usia bagi warga DIY atau penduduk yang berdomisili DIY, (2) mengisi formulir pendaftaran melalui link bit.ly/lombaoridiy2021, (3) mengunggah karya melalui akun Instagram pribadi (pastikan akun tidak dikunci), (4) peserta dapat mengirimkan maksimal 2 karya terbaik dalam satu akun Instagram, (5) peserta wajib follow akun Instagram @ombudsmanri.yogyakarta, (6) unggahan foto atau video wajib mention & tag akun @ombudsmanri.yogyakarta dan @ombudsman137, dan (7) wajib mention 5 orang teman di caption, lalu sertakan tagar #lombaoridiy2021.

 

 

Pendaftaran lomba dibuka pada 30 Oktober dan akan ditutup pada 20 November 2021. Informasi lebih lanjut tentang lomba foto dan video dapat diperoleh dengan mengkil tautan berikut: bit.ly/lombaoridiy2021.

 

Baca Juga: E-Government dan Transformasi Layanan Publik ke Arah Inklusi

Membangun kesadaran

Warga sadar melakukan pengawasan, kemudian mendokumentasikan temuan dalam bentuk foto atau gambar, menjadi salah satu tujuan digelarnya lomba. Keterlibatan masyarakat saat ini menjadi bagian yang perlu dioptimalkan. Dengan adanya keterlibatan masyarakat, para pihak dapat bersama-sama meningkatkan kualitas pelayanan.

 

 

Himbauan singkat Kepala Ombudsman DIY, Budhi Masturi ialah “Selama pandemi, asah naluri citizen check-mu atau keingintahuan sebagai warga masyarakat, untuk memonitor dan mendokumentasikan pelayanan publik di DIY”.[]

 

Reporter: Harta Nining Wijaya

Editor     : Ajiwan Arief

 

 

The subscriber's email address.