Lompat ke isi utama
Sumber: toilet khusus disabled person di salah satu mall (dok. pribadi Cuzzy Fitriyani)

Layanan Toilet Umum untuk Disabled Person di Hong Kong

Cuzzy Fitriyani

Setelah beberapa tahun bekerja di Hong Kong, saya banyak sekali menemukan perbedaan antara Indonesia dan Hong Kong. Terutama pada pelayanan terhadap warga yang menurut saya cukup maksimal disini. Sebagai contoh ringan saja, kali ini saya akan menuliskan tentang toilet lagi. Beberapa waktu lalu saya telah menuliskan tentang larangan merokok di toilet umum serta ancaman denda ribuan dolar bagi siapapun yang melanggarnya. Dan tak jauh berbeda, tetapi kali ini saya akan menuliskan tentang layanan toilet untuk para orang tua dan orang yang dari sisi fisiknya memang termasuk orang berkebutuhan khusus (disabled person).

Jika Anda pernah ke Hong Kong tentu akan mudah menjumpai toilet umum didalam mall, restauran, taman ataupun tempat umum lainnya. Untuk toilet khusus wanita/female toilet atau toilet untuk pria/male toilet mungkin telah banyak dijumpai di Indonesia. Tapi toilet untuk para disabled person mungkin masih jarang ditemukan. Berbeda dengan Hong Kong, jika ada toilet umum untuk wanita dan pria, maka didekatnya juga ada toilet khusus untuk orang-orang tua ataupun orang berkebutuhan khusus (mungkin yang memakai kursi roda).

Dilihat dari luar mungkin tampak sama dengan toilet lainnya, tetapi ada sedikit perbedaan jika memasukinya. Di dalamnya ada pegangan tangan ditepi dekat tempat duduk toilet, pegangan yang memang khusus untuk disabled person. Biasanya akan ada tanda khusus dipintu toilet berupa gambar sebagai penanda kalau itu adalah toilet khusus untuk para disabled person. Seperti toilet umum lainnya, di dalamnya juga terdapat tisu dan tempat cuci tangan yang disediakan.

Untuk pengaman bagi pengguna toilet ini, di dalam toilet juga terdapat tombol emergency call berwarna merah. Tombol yang jika ditekan akan menghasilkan bunyi seperti sirine ini berfungsi agar orang dapat mengetahui bahwa ada hal berbahaya telah terjadi di dalam toilet, sehingga orang dapat segera datang untuk menolong.

 

Mungkin toilet adalah tempat yang sederhana atau bahkan dianggap sepele. Tapi dalam kenyataan, tempat yang disebut toilet ini sangat penting dalam kehidupan keseharian kita. Bukan hanya saat berada dirumah, ketika diluar pun kadang memerlukan toilet. Dan juga bukan hanya orang sehat atau normal saja, para disable person juga memerlukan toilet ketika berada diluar. Jadi sangat tepat ketika pemerintah Hong Kong pun menyediakan layanan toilet khusus untuk para disabled person atau orang tua.

Walau kadang memang ada perbedaan antara toilet umum yang berada di mall yang terlihat lebih bersih dibandingkan toilet umum yang berada dilain tempat, misalnya di pasar-pasar toilet umumnya tidak sebersih toilet yang ada di perpustakaan. Namun, usaha pemerintah Hong Kong dalam memberikan pelayanan toilet umum untuk warganya memang cukup maksimal.

Dalam hal pelayanan toilet umum untuk para disabled person di Hong Kong, mungkin Indonesia dapat mencontohnya suatu saat nanti. Untuk hal baik, saya selalu berharap Indonesia akan menjadi lebih baik, walau perlu proses waktu yang mungkin agak lama.

 

Saya membayangkan jika Indonesia juga mampu memberikan kenyamanan toilet seperti ini, pasti warganya akan sangat gembira. Dan saya juga berharap agar Indonesia dapat memberikan pelayanan dalam hal-hal sederhana seperti toilet umum pada warganya secara gratis alias tanpa dipungut biaya dari siapapun.

Sumber: http://luar-negeri.kompasiana.com/2013/02/17/layanan-toilet-umum-untuk-disabled-person-di-hong-kong-535157.html. diakses tanggal 22 February 2013

The subscriber's email address.