Lompat ke isi utama
perayaan hari CP Semar Cakep

Rayakan Hari Cerebral Palsy dengan Menari

Solider.id, Semarang - 11 Oktober 2021 Ruang Difabel Semar Cakep menyelenggarakan acara Hari Cerebral Palsy Sedunia Kota Semarang Tahun 2021. Acara yang bertajuk Sejuta Alasan Untuk Mewarnai Hidup bersama Cerebral Palsy ini dihadiri  oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Kepala OPD Pemerintahan Kota Semarang, BPTIK Provinsi Jawa Tengah, Direktur Rumah Sakit Islam Sultan Agung, dan SLB Mutiara Bangsa Kendal.

 

Kegiatan Hari Cerebral Palsy Sedunia Kota Semarang Tahun 2021 dilaksanakan di Aula Kecamatan Semarang Barat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiarkan secara langsung di youtube BPTIK Dikbud Jateng. Acara dimulai dengan penampilan pentas seni oleh anak cerebral palsy Semar Cakep bersama ibu yang menarikan sebuah tarian Prahu Layar dengan filosofi bahwa anak-anak cerebral palsy dapat berlabuh untuk menggapai cita-cita dengan didampingi oleh malaikat dari keluarga terdekat. Selain itu acara juga dibuka dengan pemberian medali dari Albert anak cerebral palsy Semar Cakep kepada Walikota Semarang dan pemberian alat bantu backslap oleh Walikota Semarang kepada Albert anak cerebral palsy Semar Cakep.

“ Dengan memperingati Hari Cerebral Palsy di Semarang, segala aspek pembangunan di Semarang dapat digunakan untuk seluruh masyarakat. Seringkali teman-teman difabel diabaikan dalam masyarakat, seperti cerebral palsy. Padahal teman-teman difabel juga memiliki kelebihan-kelebihan khusus yang perlu diperhatikan. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan, namun orangtua yang memiliki anak difabel seperti cerebral palsy adalah orangtua yang sangat hebat”, ujar Hendi Walikota Semarang dalam sambutannya.

 

Fieta Maryunani selaku founder Semar Cakep mengungkapkan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada anak-anak cerebral palsy dan masyarakat untuk dapat mewarnai  dan membersamai kehidupan anak cerebral palsy. Selain itu Fieta juga berterimakasih atas dukugan dari seluruh pihak yang terlibat dan bersyukur karena kegiatan peringatan Hari Cerebral Palsy Sedunia pada tahun ini dapat dilaksanakan walau masih dalam keterbatasan yang ada.

 

Acara Hari Cerebral Palsy Kota Semarang Tahun 2021 diakhiri dengan kegiatan webinar dengan narasumber dr. Ken Wirastuti, M. Kes, Sp. S, KIC  dokter spesialis saraf RSI Sultan Agung yang menjelaskan seputar cerebral palsy, faktor-faktor pemicu cerebral palsy, dan fakta dari mitos cerebral palsy yang menjadi ketakutan masyarakat dalam masa kehamilan.

 

Semar Cakep merupakan komunitas difabel Cerebral Palsy yang berada di Kota Semarang. Semar Cakep berada di Kantor Kecamatan Semarang Barat dan memiliki anggota sebanyak 92 anak. Cerebral Palsy merupakan difabel kelumpuhan saraf dan otak pada saat anak-anak.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi di : 083838680008 (Gita).[]

 

 

Penulis: Gita Sadida

Editor: Ajiwan Arief

The subscriber's email address.