Lompat ke isi utama
poster bazar inklusi ulang tahun Bandung

Menggagas Ekonomi Bangkit Melalui Bazar Inklusif

Solider.id, Bandung – ‘Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi,’ menjadi tema Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) tahun 2021 yang ke-211. Dalam mengisi HJKB yang diperingati pada 25 September setiap tahunnya, kali ini masyarakat difabel Bandung menggelar kegiatan bazar dalam upaya partisipasi memajukkan ekonomi masyarakat difabel, dan memberi ruang sosialisasi hasil produksi serta jenis usaha mereka.

 

Kegiatan bazar yang akan digelar mengusung tema ‘Bazar Ekomoni Bangkit, Ekonomi Tumbuh, Disabilitas Maju.’ Bazar ini digelar secara inklusif, baik panitia maupun peserta merupakan gabungan dari individu difabel dan nondifabel. Pengunjung pun demikian, bazar ini terbuka untuk umum.

 

Menurut rencana, kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Rabu dan Kamis (13–14/10) di lapangan parkir Gor Pajajaran Bandung dari pukul 09:00 hingga 15:00 WIB.

“Kami akhirnya sepakati menggelar kegiatan ini di jam atau hari kerja. Dan pertimbangan lain kami akan mengundang walikota atau dinas-dinas terkait supaya bisa ikut hadir. Respon Kecematan setempat sangat baik, dan akan mengeluarkan surat izin menyelenggarakan kegiatan bazar untuk Rabu dan Kamis pekan depan,” papar Irvan, Sekretaris penyelenggara.

 

Ditambahkan Guntur Afandi, Bendahara penyelenggara, Kami juga sepakati saat pelaksanaan di lokasi juga ada tempat cuci tangan dan meja penyanitasi tangan (handsanitizer) selain aturan menggunakan masker, sebagai aturan wajib untuk tetap patuhi protokol kesehatan Covid - 19. Selain itu juga akan disediakan gambar pohon atau pohon harapan untuk menuliskan harapan para pengunjung yang berkaitan dengan masyarakat difabel. 

 

Seiring dengan upaya ekonomi bangkit dan tumbuh, masyarakat difabel pun diharapkan dapat maju lagi dalam segi usaha yang mereka tekuni. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah bertahap dibuka, aktivitas masyarakat sudah mulai banyak, kebijakan pun mulai dilonggarkan dengan syarat tetap patuhi protokol kesehatan Covid – 19 yang masih belum berakhir.[]

 

Reporter: Srikandi Syamsi

Editor     : Ajiwan Arief

 

The subscriber's email address.