Lompat ke isi utama
presiden Jokowi kunjungi SLB 1 Bantul

Presiden Jokowi: Siapkan Transisi dari Pandemi ke Endemi

Solider.id, Yogyakarta -Pada kunjungannya di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Bantul, Yogyakarta, Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk mulai belajar hidup bersama Covid-19.  

 

Presiden menegaskan bahwa Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat, maka dari itu masyarakat harus siap hidup berdampingan dengan virus tersebut. Pemerintah akan memulai proses transisi dari pandemi ke endemi.

“Kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi. Juga mulai belajar hidup bersama dengan Covid,” ujar Presiden saat meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 di SLB Negeri 1 Bantul, Jumat (10/9/2021).

 

Keputusan pemerintah menyiapkan peralihan status pandemi menjadi endemi, dilakukan karena penyakit ini dianggap tidak akan hilang dalam waktu dekat. Keadaan itu dianggap mengharuskan masyarakat hidup bersama virus corona.

Pada kesempatan itu juga, Presiden meminta agar masyarakat tidak euforia berlebihan dan abai akan protokol kesehatan, terutama menggunakan masker.

“Ini penting saya sampaikan agar kita tidak euforia yang berlebihan, senang-senang yang berlebihan. Kita semua harus sadar bahwa Covid selalu megintip kita sehingga protokol kesehatan harus terus dilakukan terutama memakai masker,” jelas Presiden.

 

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi Pelajar SLB

 

Apa pandemi, endemi?

Sebagai informasi, pandemi merupakan situasi ketika wabah penyakit sudah menyebar ke seluruh dunia. Sedangkan, endemi merupakan kehadiran konstan atau prevalensi (kondisi umum) suatu penyakit atau infeksi, yang biasa terjadi dalam suatu wilayah geografis.

 

Perbedaan pandemi dan endemi bukan ditetapkan berdasarkan tingkat keparahan penyakitnya, tetapi sejauh mana penyakit itu menyebar.

 

Sebagai contoh, penyakit endemi di Indonesia antara lain malaria dan demam berdarah dengue (DBD). Sementara, contoh penyakit yang pernah menjadi pandemi yaitu Black Death (1346 - 1353), Wabah Amerika (sekitar abad ke-16), Pandemi Flu (1889 - 1890), Flu Spanyol (1918 - 1920), dan Flu Asia (1957 - 1958). Covid-19 juga merupakan penyakit yang dikategorikan sebagai pandemi.[]

 

Reporter: harta nining Wijaya

Editor    : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.