Lompat ke isi utama
peraih emas dalam paralimpiade 2020

Emas untuk Indonesia, Sejarah Baru Tercipta di Paralimpik Tokyo 2020

Solider.id - Pasangan ganda putri Indonesia Leani Ratri Oktila – Khalimatus Sadiyah, atlet cabang olahraga para badminton mampu membuktikan diri menjadi juara di nomor  Women’s Double SL3 – SU5. Kemenangan mereka sekaligus menciptakan sejarah baru dalam ajang paralimpiade Tokyo 2020. Cabang olahraga yang kali pertama dipertandingkan pada tingkat dunia ini, ternyata mampu diduduki oleh tim Indonesia.

 

Terbayarkan sudah, Indonesia mampu meraih medali emas pertamanya dari cabang olahraga para badminton ganda putri. Pasangan Leani Ratri Oktila – Khalimatus Sadiyah berhasil kalahkan pasangan Tiongkok Cheng He Fang – Ma Huihui, langsung dalam pertandingan dua set dengan skor 21 – 18 dan 21 – 12.

‘Terima kasih atas perjuangan ini. Merah putih berkibar dan Indonesia Raya berkumandang di paralimpik Tokyo 2020,’ demikian tulisan pada akun NPC Indonesia, mewakili masyarakat di tanah air.

“Bravo, untuk medali emas pertama dari para badminton kontingen Indonesia di paralimpiade Tokyo 2020. Meski gaungnya sangat tidak terdengar, paralimpian Indonesia kibarkan terus Sang Merah Putih di tiang tertinggi. Salut,” begitulah reaksi netizen atas kemenangan tin Indonesia.

 

Selain meraih medali emas, pada cabang olahraga para badminton pertandingan Sabtu (4/9) juga menghadiahkan satu perak dan satu perunggu masing-masing dari tunggal putra.

 

Baca Juga: Atlet Para Badminton Paralimpik Tokyo 2020 Masih Berjuang

 

 

Medali perak berhasil dipersembahkan oleh Dhava Anrimusthi di nomor pertandingan Men’s Single SU5, setelah kalah sengit melawan Cheah Liek Hou dari Malaysia pada set pertama dengan skor 17 – 21 dan set kedua dengan skor 21 – 15.

 

Sedangkan di nomor yang sama, perunggu diraih oleh Suryo Nugroho. Ia berhadapan dengan Fang Jen Yu dari Taipei dan menang dua set langsung dengan skor 21 – 16 dan 21 – 9.

 

Masih menyisakan beberapa pertandingan final di hari terakhir ajang paralimpiade Tokyo 2020 hari ini Minggu (5/9). Kesempatan serta harapan masih terbuka untuk tim Indonesia untuk menambah raihan mendali. Dengan kemenangan hari ini, Indonesia berhasil menduduki urutan ke 53 dengan capaian satu emas, dua perak dan tiga perunggu.[]

 

Reporter: Srikandi Syamsi

Editor     : Ajiwan Arief

 

 

 

 

 

 

 

The subscriber's email address.