Lompat ke isi utama
icon cabang olah raga paralympic 2012

Paralympian Ancam Demo di Depan Menpora

SOLO, suaramerdeka.com - Sejumlah paralympian mengancam akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, yang akan meresmikan Youth Center di kawasan Manahan, hari ini. Langkah tersebut diambil karena atlet-atlet difabel itu kecewa dengan bonus Peparnas yang diterima.

"Hari ini kami ada aksi unjuk rasa. Kalau perlu teman-teman penyandang cacat se-Jateng akan demo di depan Menpora," jelas salah seorang paralympian Setyo Budi Hartanto.

Menurutnya, kebijakan pemberiaan bonus kepada atlet difabel tidak adil dibandingkan dengan atlet normal. Atlet spesialis lompat jauh dan lompat jangkit ini menyebutkan ketidakadilan tampak ketika kenaikan yang hanya Rp 2,5 juta dari nilai bonus Peparnas empat tahun silam yang sudah Rp 30 juta per emas.

"Kentara sekali perbedaan dengan atlet normal. Kami sebenarnya berharap tak muluk-muluk, saat yang normal mendapat Rp 150 juta per emas, kami hanya minta Rp 50 juta," ungkap peraih tiga emas atletik di Peparnas Riau itu.

Atlet asal Temanggung yang sempat tampil di Paralympic London 2012 itu, menganggap jika keaadan seperti ini terus berlanjut ke depan akan berdampak pada Kontingen Jateng di Peparnas. "Banyak atlet Jateng ke depan mau pindah daerah karena tidak dihargai di tanah kelahirannya sendiri," tandas Setyo.

(Gading Persada/CN26)

Sumber: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sport/2013/02/16/22034/Paralympian-Ancam-Demo-di-Depan-Menpora. Diakses tanggal 16 February 2013

The subscriber's email address.