Lompat ke isi utama
logo LPSK, Sumber: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/73/Logo_Lembaga_Perlindungan_Saksi_dan_Korban.png

Perlindungan dari LPSK terhadap Difabel

Solider.id - Minggu, 25 Juli 2021, Kelas Diskusi #Akademiability dari Yayasan Peduli Kasih menyelenggarakan webinar dengan tema “Perlindungan LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban) Terhadap Anak-Anak Penyandang Disabilitas yang Mengalami Kekerasan Seksual.” Wakil ketua LPSK, Livia Istania DF Iskandar, hadir sebagai pembicara dalam webinar ini. Kegiatan tersebut disiarkan melalui Youtube Harian Surya.

 

Livia memaparkan, LPSK pernah menangani kasus yang melibatkan beberapa ragam difabel. misalnya saja, autis, difabel intelektual, dan difabel Tuli. Terkhusus kasus yang melibatkan difabel Tuli, LPSK kerap menemui hambatan, ketika korban tidak mendapatkan pendidikan formal, sehingga tidak dapat berbahasa isyarat.

 

Livia mencontohkan, salah satu perkara yang pernah ditangani di Makassar. Ada korban kekerasan seksual yang merupakan difabel Tuli. Ia tidak bisa berbahasa isyarat. Akhirnya, dalam penanganan perkara tersebut LPSK menggandeng LSM yang berfokus kepada isu difabel, Perdik Sulsel.

 

Livia melanjutkan, harapannya kedepan pihaknya ingin memainstrimkan isu difabel di internal lembaganya. Salah satu caranya, missal dengan mengadakan pembelajaran Bahasa isyarat dasar bagi pegawai LPSK. Hal ini untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas-tugas LPSK, apabila bersinggungan dengan isu difabel.

 

LPSK sendiri sekarang berkedudukan di Jakarta, dengan tambahan dua kantor perwakilan di Medan dan Yogyakarta. Namun, Livia mengaku pihaknya siap apabila dibutuhkan untuk menangani kasus di daerah. Contohnya kasus yang ada di Makassar.

 

Perlindungan terhadap korban dan saksi dari LPSK dapat dilakukan dengan menghubungi kontak LPSK di hari kerja. alternatif lain, bisa juga mengunduh aplikasi android di Google Play Store dengan mengetikkan “Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban.” Namun, tidak semua korban tindak pidana dapat mendapatkan perlindungan dari LPSK. Jenis-jenis tindak pidana yang menjadi kewenangan LPSK sudah dilimitasi dalam Undang-Undang Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban. LPSK, terutama akan memberikan perlindungan terhadap saksi dan korban yang terancam jiwanya.[]

 

Reporter: Tio Tegar

Editor     : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.