Lompat ke isi utama
tangkapan layar postingan IG PLD UIN

Faktor-Faktor Keberhasilan Difabel

Solider.id - Rabu, 21 Juli 2021, Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga, menggelar webinar dengan tema “Berbagi Kisah Sukses dan Sarasehan Temu Alumni”. Webinar ini diselenggarakan dalam rangka ulang tahun Pusat Layanan Difabel yang ke-14. Pembicara yang dihadirkan adalah Abdullah Fikri (dosen difabel netra UPN Veteran Jawa Timur), Dhomas Erika Ratnasari (Mahasiswa Tuli di program Magister UIN Sunan Kalijaga), Meta Puspitasari (difabel fisik), dan Hendro Sugiyono (difabel netra yang berkarir di Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas). keempatnya merupakan alumni dan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga.

 

Abdullah Fikri menyampaikan bahwa menurut teori ekologi sosial, ada empat faktor yang mempengaruhi keberhasilan difabel. pertama, diri difabel itu sendiri. Kedua, keluarga sebagai lingkungan terdekat. Ketiga, masyarakat sekitar. Keempat, faktor kebijakan.

 

Fikri menjelaskan lebih lanjut, Pusat Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga yang merupakan produk kebijakan memiliki peran penting dalam keberhasilan mahasiswa difabel. menurutnya, keberanian UIN Sunan Kalijaga dalam mendirikan Pusat Layanan Difabel telah menginspirasi insan pendidikan tinggi lain di Indonesia untuk memberikan layanan pendidikan yang aksesibel bagi difabel.

 

Domas Erika Ratnasari mengkonfirmasi hal tersebut. Mahasiswa Tuli yang sekarang belajar di Magister Studi Disabilitas dan Pendidikan Inklusi ini mengatakan bahwa Pusat Layanan Difabel adalah salah satu faktor yang membuat kuliahnya dapat dijalani dengan lancer. Hal ini bahkan berlanjut ketika ia sudah menjadi mahasiswa pasca sarjana di kampus yang sama.

 

Meta Puspitasari juga menyampaikan hal yang serupa. Ia membagikan pengalamannya selama berkuliah. Ia mengatakan bahwa salah satu alasannya memilih UIN Sunan Kalijaga, karena kampus tersebut telah mempunyai Pusat Layanan Difabel.[]

 

Reporter: Tio Tegar

Editor    : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.