Lompat ke isi utama
Muoldoko memaparkan dalam puncak acara Temu Inklusi

Moeldoko: KSP Siap Laksanakan Rekomendasi Temu Inklusi ke-4

Solider.id - Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko turut hadir dalam penutupan Temu Inklusi ke-4 yang diselenggarakan tanggal 14 Januari 2021. Temu Inklusi adalah kegiatan dua tahunan untuk merefleksikan perkembangan perwujudan Indonesia inklusi, serta menggali strategi baru yang dapat mempercepat upaya perwujudan masyarakat dan bangsa Indonesia yang inklusif. Forum yang di inisiasi oleh Sigab Indonesia ini melahirkan beberapa rekomendasi kebijakan multi-sektoral.

Moeldoko dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa KSP siap menindaklanjuti rekomendasi Temu Inklusi ke-4. “nanti mohon rekomendasinya diserahkan ke KSP. Akan kami tindak lanjuti semaksimal mungkin.” Ungkap Moeldoko 14/01/2021.

Moeldoko lebih lanjut mengapresiasi penyelenggaraan Temu Inklusi ke-4. Menurutnya, Temu Inklusi selalu memberikan rekomendasi dan solusi terhadap pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Moeldoko juga menyampaikan komitmen pemerintah dalam melaksanakan perlindungan dan pemenuhan HAM bagi difabel. sesuai arahan presiden, pihaknya harus memastikan bahwa program-program pemerintah yang ada tidak boleh meninggalkan kelompok difabel.

Moeldoko melanjutkan, Pengarusutamaan isu difabel dalam pembangunan telah ditunjukan dengan pengesahan 7 dari 8 peraturan pemerintah sebagai turunan Undang-Undang Penyandang Disabilitas. selain itu, ada dua peraturan presiden yang lain yang telah disahkan oleh pemerintah. Meskipun begitu, ia mengakui bahwa masih ada permasalahan dalam perlindungan dan pemenuhan hak-hak difabel. apalagi di era pandemi Covid-19 seperti sekarang.[]

 

Reporter: Tio Tegar

Editor     : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.