Lompat ke isi utama

3 Desember untuk Disability Gathering for Justice

Untuk memperingati Hari Difabel Internasional (UN‘ International Day of Persons with Disabilities) 3 Desember 2012, SIGAB (Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel) dan media online Solider bekerjasama dengan AIPJ (Australia-Indonesia Partnership for Justice) dan komunitas difabel di Daerah Istimewa Yogyakara menyelenggarakan serangkaian kegiatan bertajuk ”Disability Gathering for Justice” yang bertujuan mengkampanyekan isu disabilitas dan akses terhadap hukum dan keadilan. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari lomba menulis tingkat nasional bagi difabel dan non difabel dengan tema ”Disabilitas, Hukum dan Keadilan”, rely (pawai) motor roda tiga, pentas seni dan kreativitas difabel, serta sosialisasi website Solider.

Kegiatan kampanye dengan tema ”Kesetaraan dan Keadilan Hukum bagi Penyandang Disabilitas” akan dilaksanakan pada hari Senin, 3 Desember 2012 dan dimulai dengan rely motor roda tiga dengan start di dua titik. Untuk peserta dari Bantul, Kulonprogo, Kota dan sekitarnya dapat mengikuti start di halaman Pasar Seni Gabusan, Jalan Parangtritis Bantul; sedangkan peserta dari Sleman, Klaten, Semarang dan sekitarnya dapat mengambil start di Lapangan Pemda, Jalan Parasamya Sleman. Peserta berkumpul di kedua titik tersebut pada pukul 07:00 WIB. Peserta rely akan mengenakan kaos bertemakan ”Kesetaraan dan Keadilan Hukum bagi Penyandang Disabilitas” dan kaos ini akan disediakan oleh panitia selagi persediaan masih ada. Untuk mengikuti rely ini calon peserta diharuskan mendaftar terlebih dahulu kepada ketua panitia, Ibu Widi Hariyanti (HP: 0819 3177 1475). Untuk yang berada di Bantul dan sekitarnya dapat menghubungi Yulianto (HP: 0878 339 35 330), sedangkan yang di Sleman dan sekitarnya dapat menghubungi? Himawan (HP: 0856 4381 5032).

Finish rely sekaligus tempat pentas seni dan kreativitas difabel akan dipusatkan di Taman Kuliner Condong Catur, Jalan Anggajaya III Sleman, Yogyakarta. Bintang tamu yang akan hadir diantaranya Gareng Rakasiwi, Topik Hajat Kak Bimo, dan musisi serta vokalis difabel. Kegiatan ini akan melibatkan sedikitnya 400 orang dari Pemerintah Daerah, DPRD, komunitas difabel, Lembaga Bantuan Hukum, organisasi/paguyuban difabel, Lembaga Swadaya Masyarakat, Aparat Penegak Hukum, media massa dan masyarakat secara umum. Peserta yang beruntung akan mendapatkan doorprize menarik di antaranya HP, helm, jas hujan, jam dinding, magic com, kompor gas, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain untuk mengekspresikan kreativitas dan potensi difabel, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai kampanye publik untuk isu-isu difabilitas, kesetaraan, dan keadilan hukum kepada khalayak ramai. SIGAB dan komunitas difabel menginginkan tumbuhnya kesadaran dan sensitivitas pengambil kebijakan dan masyarakat terkait isu disabilitas, hukum dan keadilan serta mengharapkan tumbuhnya partisipasi aktif pemerintah daerah (eksekutif dan legislatif), aparat penegak hukum, lembaga bantuan hukum, lembaga swadaya masyarakat, komunitas difabel dan organisasi pembela HAM terkait penegakan hukum yang berkeadilan bagi difabel.

Mengenai lomba menulis, SIGAB, Solider dan AIPJ telah menyiapkan hadiah total sebesar Rp 14 juta untuk dua kategori. Yang pertama adalah Kategori Umum dengan tema ”Disabilitas, Hukum dan Keadilan”. Ini diperuntukkan bagi praktisi hukum, pembela HAM, aktivis difabel, paralegal, keluarga difabel dan masyarakat secara umum. Peserta dapat memilih beberapa sub tema seperti: pengalaman pengacara, pembela HAM dan aktivis difabel dalam mendampingi penanganan kasus kekerasan ataupun diskriminasi terhadap difabel; pengalaman orangtua dalam mengembangkan potensi anak difabel; strategi aktivis difabel maupun aktivis NGO dalam memperjuangkan kesetaraan dan keadilan hukum bagi difabel, baik melalui pendidikan kewarganegaraan/HAM, advokasi kebijakan, maupun kampanye media; pengalaman sekolah atau guru dalam hal mencerdaskan difabel hingga mempunyai kesadaran untuk memperjuangkan keadilan dan kesetaraan; gagasan baru untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan hukum bagi Difabel; dan lain-lain.

Adapun kategori kedua adalah khusus bagi difabel dengan mengambil tema ”Perjuangan dan Eksistensi Difabel untuk Mencapai Kemandirian, Kesejahteraan, dan Keadilan”. Sub-sub tema untuk kategori khusus di antaranya: kisah difabel yang mengalami diskriminasi dan ketidakadilan serta upayanya untuk memperjuangkan haknya; pengalaman kewirausahaan difabel atau pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan dan perusahaan pemerintah maupun swasta; kisah sukses difabel dalam bidang pendidikan; gagasan difabel untuk terwujudnya kemandirian, kesetaraan, dan keadilan, dan sebagainya.

  • Pengiriman naskah diperpanjang hingga 20 Desember 2012 pukul 24:00 WIB dengan cara mengirimkan Curriculum Vitae (CV) peserta, foto (jika ada), dan tulisan yang diikutsertakan dalam lomba dalam file terpisah ke alamat email [email protected] dan cc ke [email protected].

  • Pada subjek email ditulis: Naskah Lomba_kategori (Umum/Khusus)_nama peserta. Naskah yang masuk menjadi milik redaksi (hak cipta tetap pada penulis) dan mendapat peluang dipublikasikan melalui website www.solider.or.id.

  • Pengumuman pemenang pada tanggal 3 Januari 2013 melalui website www.solider.or.id, telepon, dan email.

  • Semua pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Training Cyber Journalism secara GRATIS yang akan diselenggarakan oleh SIGAB pada pertengahan tahun 2013. Peserta training yang berprestasi akan diproyeksikan menjadi kontributor Solider.

  • Informasi lebih lanjut terkait lomba ini dapat diperoleh di www.solider.or.id atau langsung menghubungi Purwanti (email: [email protected]sigab.org atau [email protected], HP: 0813 2941 2360).

The subscriber's email address.