Lompat ke isi utama
Vivi Yulaswati memberikan tanggapan atas peluncuran indikator dan alat pemantau

BAPPENAS-KSP Apresiasi Pembentukan Indikator dan Alat Pemantauan Pemenuhan Hak Difabel

Solider.id,- Vivi Yulaswati, Staf Ahli Penanggulangan Kemiskinan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) mengapresiasi Inisiatif inisiatif organisasi disabilitas menyusun panduan indikator dan instrumen pemantauan pemenuhan hak penyandang disabilitas di Indonesia.

 

Bersama Kantor Staf Presiden (KSP), BAPPENAS meluncurkan dan mengenalkan instrumen “Indikator dan Alat Pemantauan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas” kepada publik. Instrumen tersebut bertujuan untuk mengefektifkan perkembangan dan kemajuan pemenuhan hak difabel di masa mendatang.

 

Vivi mengatakan, pembangunan yang inklusif bagi difabel tidaklah mudah. Keterbatasan data, analisis, dana dan political will sering menghambat penyandang  disabilitas dalam mengakses layanan pendidikan, kesehatan, pekerjaan, peradilan, dan berbagai layanan publik, hingga dalam situasi krisis atau bencana.

 

“Inisiatif ini memberikan keterbukaan ruang bagi keterlibatan difabel dalam monitoring pemenuhan hak mereka,” jelasnya (28/4/2021).

 

Panduan instrumen ini dapat menjadi acuan dan membantu para pembuat kebijakan lebih memahami upaya-upaya melindungi, menghormati, dan memenuhi hak penyandang disabilitas.

 

“Dengan demikian, pengaturan dari berbagai perundang-undangan di atas dapat betul-betul terlaksana dan Indonesia yang inklusif dapat terwujud,” lanjutnya.

 

Ishak Salim, salah satu penggagas panduan instrument tersebut mengatakan penyusunan panduan instrumen ini mengacu pada konvensi pemenuhan hak penyandang disabilitas. Sejalan dengan indikator pencapaian pemenuhan, baik secara struktur, proses, maupun hasilnya.

 

“Mungkin belumlah ideal, karena perlu melewati proses ujicoba dan penerapan untuk melihat efektifitasnya dalam memandu inisiatif pemantauan. Untuk itu, sangat diperlukan keterlibatan berbagai pihak,” terangnya.[]

 

 

Redaksi

The subscriber's email address.