Lompat ke isi utama
suasana perekrutan perusahaan garmen bagi difabel

Empat Difabel Ikuti Perekrutan Industri Garmen

Solider.id – Selasa (24/11)  empat orang Difabel dari berbagai sudut wilayah Kabupaten Boyolali melakukan ujian untuk bisa diterima bekerja di industri garmen. Secara khusus, Difabel yang terdiri dari dua orang Tuli dan dua Difabel daksa ini melakukan ujian di Gedung BLK Jalan Boyolali-Solo.

Pelaksanaan ujian khusus bagi Difabel ini merupakan hasil dari rangkaian diskusi antara PT Pan Brothers, Forum Komunikasi Difabel Boyolali (FKDB) dan Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) Kabupaten Boyolali.

“Kita sudah berdiskusi dengan pihak HRD, kita minta beberapa persyaratan diperingan bagi teman-teman Difabel, misalnya syarat pendidikan dan batas usia. Karena kalau mengikuti persyaratan umum, banyak Difabel yang terkendala,” jelas Sri Setyaningsih, Ketua FKDB saat ditemui di sela-sela mendampingi ujian peserta.

Menurutnya selama ini banyak Difabel yang terkendala ketika akan melamar bekerja di perusahaan. Selain kendala persayaratan masuk, kendala dalam proses perekrutan juga menjadi hambatan tersendiri. Hal ini utamanya banyak staf yang melakukan pengujian memiliki tingkat kepercayaan yang rendah bagi Difabel.

Oleh karena itu pihaknya menginisiasi dengan melakukan advokasi ke beberapa perusahaan. Dengan fasilitasi dari Diskopnakertrans, pihak PT Pan Brothers menyambut baik inisiasi ini. Dalam inisiasi ini, calon tenaga kerja Difabel melamar melalui FKDB untuk kemudian secara kolektif diteruskan ke pihak HRD, yang selanjutnya melakukan ujian ini.

Lebih lanjut Sri menambahkan bahwa proses pengujian ini sepenuhnya menjadi wewenang perusahaan. Inisiasi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan Difabel yang punya kemampuan menjahit namun memiliki kendala dalam proses pelamaran. Selanjutnya jika mereka diterima, harapannya inisiasi ini bisa berlanjut pada tahap pendampingan.

Kepala Bidang Pelatihan dan penempatan Kerja Diskopnaketrans, Sugeng Priyono yang ikut mendampingi proses perekrutan ini menyatakan mendukung inisiasi ini. Dia menyebutkan bahwa pihaknya mewujudkan dukungan ini dengan menjembatani komunikasi antara FKDB dan perusahaan-perusahaan yang ada di Boyolali. Harapannya kerjasama seperti bisa terus dilakukan dan perlu ditingkatkan.[]

 

Reporter: Ida Putra

Editor     : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.