Lompat ke isi utama
informasi tentamg [esta gambara bagi anak-anak oleh Perspektif Yoghakarta

Pesta Gambar dari Perspektif Yogyakarta

Solider.id - Perspektif Yogyakarta, sebuah kelompok yang berfokus pada isu difabel dan kemanusiaan akan menggelar kegiatan yang bernama Pesta Gambar Kisah Anak-Anak tentang Pandemi Covid-19. Pesta Gambar adalah kegiatan  yang diselenggarakan secara online ditujukan bagi anak-anak. Dalam kegiatan ini anak-anak dapat mengaktualisasikan dirinya melalui seni rupa menggambar.

Kegiatan ini dilatarbelakangi situasi Pandemi Covid-19 yang membuat anak-anak hanya belajar dirumah dengan menggunakan gadget. Situasi ini membuat anak-anak kehilangan haknya untuk bermain dengan teman-temannya. Kondisi ini berpotensi membuat anak dan orangtuanya mengalami frustasi.

Berdasarkan siaran pers Perspektif Yogyakarta yang diterima dari ketua Perspektif Yogyakarta Sri Hartaningsih, diharapkan kegiatan Pesta Gambar ini bisa membuat anak-anak sebagai peserta dapat meluapkan rasa jenuh, kegusaran, impian, harapan, dan kesaksian, melalui aktivitas menggambar. Selain itu, Pesta Gambar juga diharapkan sebagai media terapi bagi anak-anak yang terkurung dirumah selama Pandemi Covid-19.

Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual ini menyasar Anak-anak usia pra sekolah hingga siswa sekolah dasar kelas 6 maupun anak-anak siswa Sekolah Luar biasa (SLB). Peserta dibagi menjadi tiga kategori.

Kategori pertama adalah anak pra sekolah. Sementara kategori kedua, yakni anak-anak kelas 1-3 SD. Sedangkan kategori ketiga, yaitu anak-anak kelas 4-6 sd. Kegiatan ini terbuka bagi setiap anak diseluruh Indonesia, karena diselenggarakan secara online.

Seluruh hasil karya anak-anak yang turut serta dalam kegiatan ini akan dipamerkan secara virtual dan dibukukan. Selain itu, disetiap kategori akan ditetapkan 3 karya terbaik. Pemilik tiga karya terbaik akan mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan, piagam, dan buku kumpulan karya peserta. Sementara itu, bagi peserta yang karyanya tidak terpilih sebagai salah satu karya terbaik, akan tetap mendapatkan E-Sertifikat.

Ada tiga dewan juri yang akan menilai karya peserta yang terlibat dalam kegiatan ini. Ketiga juri tersebut adalah Hendrik Schroeder (pemerhati pendidikan), Kuss Indarto (kurator seni rupa) dan Agoes Widhartono (wartawan senior).

Pendaftaran kegiatan ini akan dibuka 25 November – 15 Desember 2020. Pada proses pendaftaran, peserta akan dipungut biaya sebesar Rp 25.000. Peserta yang ingin mendaftar dapat menuju link  http://bit.ly/FilePestaGambarAnak

Penjelasan secara teknis lengkap bagi peserta dapat diperoleh melalui Instagram: @PerspektifJogja dan Facebook: Perspektif Yogyakarta. Peserta juga dapat menghubungi Contact Person : 0818 0263 8502.[]

 

Reporter: Tegar

Editor        : Ajiwan Arief

 

The subscriber's email address.