Lompat ke isi utama
Poster diskusi Pokja Koalisi Nasional Penyandnag Disabilitas tentang RIPD

Memulai Langkah Pembangunan Inklusif Melalui RIPD

Solider.id,- Kelompok Kerja Koalisi Nasional Penyandang Disabilitas (Pokja) akan menggelar diskusi secara daring, dengan tajuk Memulai Langkah Pembangunan Inklusif Melalui Rencana Induk Pembangunan Disabilitas – RIPD, pada Selasa (24/11).

 

Diskusi rangkaian Disability Gathering And Solidarity (DIGNITY) Ke-5 ini digelar mulai pukul 13.30 hingga 16.00 WIB, dan terbuka secara nasional.

 

Rencana Induk Pembangunan Disabilitas (RIPD) merupakan landasan yang akan menentukan arah perencanaan pembangunan terkait dengan penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak masyarakat difabel di tingkat nasional maupun daerah.

 

RIPD memiliki tujuh sasaran strategis yang mencakup isu. Mulai dari pendataan dan perencanaan yang inklusif. Penyediaan lingkungan tanpa hambatan. Pelindungan hak, akses politik dan keadilan. Pemberdayaan dan kemandirian. Ekonomi inklusif. Pendidikan dan keterampilan. Akses dan pemerataan layanan kesehatan.

 

Dengan adanya tujuh sasaran tersebut diharapkan, perencanaan pembangunan dan penganggaran dapat menyentuh aspek penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak masyarakat difabel secara menyeluruh.

 

Namun begitu, Rencana Induk Pembangunan Disabilitas (RIPD) belum dapat dilasakanakan secara efektif. Secara teknis masih perlu dirumuskan skema atau alur pelaksanaannya baik di tingkat nasional atau daerah. Sehingga dapat dilaksanakan dengan transparan, akuntabel, dan partisipatif.

 

Selain itu, secara konsepsi RIPD juga masih perlu dipertegas posisinya ditengah instrumen perencanaan pembangunan lain yang sudah ada, seperti Rencana Aksi HAM atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN itu sendiri.

 

Untuk informasi lebih lanjut terkait diskusi daring via zoom ini dapat menghubungi Mahretta Maha (+62 812 1993 5244) dan untuk laman pendaftaran: https://bit.ly/dignity5.[]

 

 

Reporter: Srikandi Syamsi

Editor: Robandi

The subscriber's email address.