Lompat ke isi utama
Poster informasi lomba BLBI

Balai Literasi Braille Indonesia Menggelar Lomba Literasi Nasional 2020

Solider.id, Bandung- Menyambut Hari Ulang Tahun Balai Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso ke-59 pada 30 November 2020, BLBI Abiyoso mengadakan lomba literasi bagi difabel netra di seluruh tanah air. Lomba ini juga sekaligus untuk mengisi Hari Disabilitas Internasional (HDI) pada 3 Desember mendatang.

 

Jenis literasi yang akan dilombakan ada tiga kategori, lomba menulis esai dengan tema Braille di Era Digital, lomba menulis cerpen dengan tema Disabilitas dan Covid-19 dan lomba membaca cerpen dalam format audio.

 

Disampaikan Neneng, salah satu tim juri dalam pelaksanaan lomba tersebut, untuk tetap mematuhi aturan masa pandemi seperti sekarang ini, semua kegiatan lomba dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan naskah dan audio melalui email dan WhatsApp Center BLBI Abiyoso.

 

“Lomba ini dikhususkan untuk semua difabel netra yang berada di tanah air, baik total blind maupun low vision. Untuk syarat, ketentuan, kategori dan hadiah yang diperebutkan dapat dibaca di laman media sosial kami,” tuturnya.

 

Salah satu ketentuan umum yang dicantumkan panitia adalah, seluruh karya yang diterima Dewan Redaksi menjadi milik panitia. Untuk BLBI Abiyoso, sebagai pusat percetakan braille nasional, kegiatan seperti ini dapat menjadikan sumber inspirasi bacaan yang tidak menutup kemungkinan dapat dicetak braille, untuk kepentingan masyarakat difabel nerta secara luas.

 

Karya-karya yang masuk bukan hanya sekedar ditampung untuk menentukan kandidat sebagai juara semata. Manfaat lebih besar lainnya yaitu dapat dinikmati oleh banyak orang, baik dalam bentuk buku braille maupun audio books.

 

Menurut Neneng, di berbagai wilayah pelosok tanah air keberadaan buku braille masih menjadi primadona. kondisi ini disebabkan masih langka dan sangat sulitnya untuk diakses. Selain minimnya kemahiran teknologi yang mereka kuasai.

 

“Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi WhatAapp Center BLBI Abiyoso di 081224292333 atau inbox ke akun facebook Gema Braille. Kami menunggu karya literasi dari seluruh difabel netra di nusantara,” tutupnya.[]

 

Reporter: Srikandi Syamsi

Editor: Robandi

The subscriber's email address.