Lompat ke isi utama
Seorang diffabel netra sedang mengakses mobile banking di smart phone

Difabel Netra Membuka Rekening Tabungan, Siapa Takut!

Solider.id- Tabungan adalah salah satu kegiatan manusia untuk menyimpan uang. Tentu sejak kita kecil sudah diperkenalkan bagaimana sebaiknya menyimpan uang. Seperti menabung sisa uang jajan di dalam celengan, bahkan menabung di sekolah.

Di era sekarang, menabung sudah beralih tempat, semula di dalam celengan, sekarang menabung di bank. Tentu hal ini sudah sering kita dengar fungsi dari bank itu sendiri.

Berikut pengalamanku sebagai difabel netra ketika membuka rekening secara mandiri dan ini pengalaman yang sudah kulakukan selama membuka 3 rekening di bank yang berbeda. Semoga menjadi referensi bagi teman-teman difabel netra khususnya yang ingin membuka rekening tabungan di bank:

Memilih bank

Pertama kita harus memilih bank mana yang akan nantinya kita tuju dalam pembuatan rekening tabungan. Ada beberapa macam bank yang ada di Indonesia. Seperti bank BUMN, BUMD, bahkan swasta.

Jika sudah yakin dengan pilihan bank tersebut, maka kita mencari di mana lokasi kantor bank di daerah tempat tinggal kita. Tentu yang mudah di jangkau ya dan tidak terlalu memakan perjalanan jauh dari rumah kita.

Juga pastinya tak lupa carilah bank yang lokasi mesin ATM itu banyak, karena ini akan mempermudah kita dalam bertransaksi baik penarikan juga transfer.

Pendamping

Penamping, bila perlu pendamping hidup kalauyang sudah punya, diperlukan untuk membantu dalam proses pembukaan rekenging nanti. Kita perlu pendamping yang siap membantu selama di bank. Baik orangtua, saudara, istri, bahkan teman.

Jika kita ingin meyakinkan bahwa kita bisa melakukan transaksi di perbankkan dan tidak terjadi penolakan. Maka kita meminta teman netra yang sudah berpengalaman memiliki rekening tabungan di bank jauh sebelum kita. Hal ini tentu akan meyakinkan pihak bank bahwa netra juga bisa mengakses dunia perbankkan.

Jenis tabungan dan fasilitas

Setelah yakin sudah menentukan bank, yang kita tuju. Maka kita akan di jelaskan oleh teller, apa saja jenis-jenis tabungan yang tersedia di bank tersebut. Tentu setiap bank akan berbeda produknya. Pastikan juga membuat rekening tersebut untuk keperluan harian atau deposito. Hal ini tentu syaratnya akan berbeda dalam setiap jenis tabungannya.

Jika hanya untuk keperluan harian, seperti menerima transfer dari orang tua, transfer pembayaran sekolah juga kuliah, lebih baik kita memilih opsi rekening pribadi. Namun jika ingin menyimpan tabungan tersebut sebagai deposito, tentu kita memilih opsi deposito.

Fasilitas yang di dapatkan pun setiap jenis tabungan akan berbeda, seperti tabungan pribadi akan mendapatkan buku tabungan, kartu ATM dan juga aktifasi mobile banking.

Pahami syarat pembuatan rekening

Jika nanti akan membuat rekening di bank, tentu ada syarat yang wajib kita penuhi. Seperti KTP, NPWP, kartu pelajar dan identitas yang berlaku tentunya.

Namun jika kita tidak memiliki identitas diri, ya pastinya pihak bank tidak akan memproses pembuatan rekening tersebut. Dan tak lupa menyetorkan uang pertama yang nantinya akan di masukan ke dalam rekenging kita.

Jumlah nominalnya setiap bank memiliki ketentuan masing-masing berapa nominal yang harus kita setorkan. Tanda tangan tak lupa kita bubuhkan di lembar formulir, juga lembar administrasi yang akan menjadi pelengkap syarat agar kita memiliki rekening tabungan nantinya.

Sebelum kita membubuhkan tanda tangan di lembar formulir, maka petugas teller bank akan meminta percobaan tanda tangan kita, sesuai atau tidak dengan tanda tangan yang ada di kartu identitas kita. Jika tidak sesuai maka mintalah tangan kita di arahkan agar tanda tangan tersebut sesuai.

Mobile Banking

Dalam pembukaan rekening tentu salah satunya kita akan mendapatkan fasilitas mobile banking yang akan memudahkan dalam bertransaksi. Seperti cek saldo tabungan, transfer uang, bahkan melakukan pembayaran apa pun yang kita inginkan. Teman-teman netra wajib memiliki dan membawa smart phone yang nantinya mobile banking tersebut akan terinstal di smart phone kita. Jika kita ingin mengaktifkan mobile banking, maka kita harus menandatangani surat pernyataan bahwa kita sanggup menggunakan mobile banking tersebut.

PIN ATM

Setelah pembukaan rekening tabungan kita hampir selesai. Kita akan ditawarkan oleh teller bank apakah kita memerlukan kartu ATM atau tidak? Karena hal ini untuk mempermudah dalam bertransaksi seperti penarikan uang tanpa harus mengantri di bank.

Tentu jika bank tersebut sebelumnya belum pernah mendengar nasabah netra memliki rekening dan kartu ATM. Tentu kita husnudzan ya sob, pihak bank pastinya tidak mau terjadi hal-hal yang tak diinginkan menimpa kita dalam bertransaksi nantinya. Tentu yang rugi kita sendiri.

Di sinilah fungsi pendamping tadi baik non difabel netra atau difabel netra yang kita ajak untuk menemani selama kita di bank tersebut. Yakinkan sekali lagi kita bisa mengakses mesin ATM nantinya, agar pihak bank pun memberikan kartu ATM tersebut kepada kita.

Jika sudah diberikan kesempatan untuk pembuatan kartu ATM, kita akan diminta memasukan 6 digit angka untuk PIN ATM kita. Tahap ini harus dirahasiakan tentunya. Siapa pun tidak boleh tau PIN ATM kita. Siapkan PIN yang mudah kita ingat, agar jika kita lupa dan kartu ATM tersebut terblokir, maka kita tidak usah mengurusnya di bank.

Demikian yang harus di perhatikan dalam pembukaan rekening bagi Netra. Jika ada penolakan dari pihak bank di mana kita tinggal, mungkin opsi yang lain kita bisa memilih bank lain atau jika ingin di bank yang sama cari bank di cabang lain yang masih satu daerah dengan tempat tinggal kita. Semoga tak ada lagi calon nasabah Netra yang di persulit dalam mengakses dunia perbankan.[]

\

Penulis: Indra Rukmana Putra

*Penulis bersemayam di kota Udang, dan sedang menempuh pendidikan di kota Parahiyangan

Editor: Robandi

The subscriber's email address.