Lompat ke isi utama
ilustrasi pendataan difabel di tingkat desa

Vallditas Data Difabel, Salah Satu Kunci Inklusifitas dari Desa

Solider.id – data difabel yang valid merupakan salah satu kunci terbentuknya inklusifitas di tingkat desa. Dengan data yang valid dan terperinci, pemerintah desa dapat menentukan berbagai kebijakan untuk secara bertahap menciptakan inklusifitas dari desa. Hal tersebut mengemuka dalam salah satu diskusi tematik dalam serangkaian kegiatan Temu inklusi ke 4 yang dilaksanakan secara daring dari bulan September hingga Desember kelak.

Dalam diskusi tematik bertema “Data Disabilitas Desa, dari Instrument hingga Sebagai Alat Advokasi dan Pengorganisasian Difabel” yang berlangsung kamis pekan lalu, Kuni Fathonah, salah satu staf program Rintisan Desa Inklusi  Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (Sigab) Indonesia mengungkapkan bahwa Untuk melakukan pendataan difabel secara efektif, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti: (1) menyusun instrumen pendataan, (2) membangun kesepahaman dengan pemerintah desa, (3) menyiapkan pendata, (4) melakukan pendataan, (5) mengumpulkan hasil data, (6) mengolah hasil data dan (7) menyerahkan data yang telah di dapat ke pemerintah desa setempat.

Untuk menjalankan langkah-langkah tersebut lebih lanjut  Kuni menjelaskan tentu harus mendapat kesepakatan bersama dengan setiap kepala desanya, maka poin kedua tentang membangun kesepemahaman perlu dilakukan. “Tantangan lain yang juga masih sering didapatkan saat mendata difabel yang pernah saya alami ialah, masih banyaknya para orangtua yang menyembunyikan anak difabelnya karena dianggap aib. Lalu penolakan dari keluarga karena dianggap tidak penting dengan alasan anaknya tidak pernah berpergian, dan masih sering juga pendataan difabel disalah artikan sebagai penerimaan bantuan. cara pandang itulah yang sampai saat ini masih perlu diluruskan karena membangun pola pikir dan perspektif itu tidak lebih mudah dari pada membangun fasilitas fisik” jelas mbak Kuni kembali di akhir pembicaraannya.[]  

 

Reporter :  Harisandy

Editor      : Ajiwan Arief

 

The subscriber's email address.