Lompat ke isi utama
kawan Tuli yang sedang Magang di Jawa Tengah

Tuli Kembali Magang Kantor di Kantor Gubernur

Solider.id, Yogyakarta - Kurnia Khoirul Candra adalah salah satu pemuda Tuli yang beruntung karena dia mendapat kesempatan untuk magang selama dua bulan di kantor gubernur Jawa Tengah. Berawal dari berpartisipasi di kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Komunitas Tuli Jawa Tengah pada tanggal 27 Agustus 2020, Candra kemudian mendapat kesempatan magang di kantor Gubernur Jawa Tengah setelah mengajukan pertanyaan kepada narasumber terkait magang dan kesempatan bekerja.

Kepada solider.id, Surya Sahetapy selaku narasumber menjelaskan bahwa Candra adalah orang pertama yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Melihat ada kesempatan baik dapat berinteraksi langsung dengan Gubern[1] ur Jawa Tengah, Surya kemudian menyampaikan kepada Bapak Ganjar Pranowo bahwa Candra ingin mendapat kesempatan magang di kantor gubernur. Surya pun menceritakan pengalamannya pernah magang di kantor gubernur DKI Jakarta pada tahun 2016. Gayung bersambut, Gubernur Jawa Tengah langsung menerima Candra untuk magang selama dua bulan.

Sembari menunggu jadwal wisuda dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, pria 24 tahun ini sudah aktif melamar pekerjaan di berbagai tempat, seperti Antara Jakarta, Adira Jakarta, PT Surya Advertising Berniaga Semarang, dan lain lain. Namun hingga saat ini belum ada panggilan kerja yang diterima Candra. Tak hanya berdiam diri, ia aktif terlibat di berbagai komunitas, salah satunya Komunitas Tuli Jawa Tengah. Pada webinar seri ketiga yang diselenggarakan oleh Komunitas Tuli Jateng, Candra antusias menyimak karena pembicaranya adalah Gubernur Jawa Tengah yakni Ganjar Pranowo dan juga Surya Sahetapy seorang aktivis Tuli.

Pada webinar yang bertema “Deaf Agent of Change, Cerita Inspiratif”, Candra sebagai peserta menyampaikan keluhan terkait kesulitannya mendapatkan pekerjaan dan tidak ada kesempatan magang. “Sebelumnya saya susah mendapat pekerjaan atau magang di tengah pandemik corona. Jadi saya berkesempatan untuk bertanya kepada Bapak Ganjar, Gubernur Jawa Tengah karena beliau memiliki banyak koneksi. Kemudian, Bapak Ganjar menawarkan magang di kantor gubernur dan suruh ke kantor besok setelah diskusi virtual”, ujar pria asal Temanggung ini kepada solider.id melalui pesan instagram. (9/9)

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini menambahkan bahwa saat ini dia ditugaskan di bagian ruang IT dan membantu mengelola akun instagram @humas.jateng agar aksesibel bagi semua orang termasuk Tuli. “Saya berusaha menunjukkan kemampuan dan kreativitas sampai pemerintah ramah Tuli atau difabel lainnya”, tegasnya.

Romekasari, kakak Candra, menyampaikan rasa bangganya. “Keluarga bangga dan senang Candra dapat kesempatan itu. Sebenarnya ibu dan bapak serta keluarga tidak tahu awalnya bagaimana Candra bisa ditawarin. Kita berharapnya semoga Candra bisa amanah. Bisa benar-benar memperjuangkan idealismenya untuk kepentingan Tuli. Bisa dapat pengalaman juga di dunia kerja”, pungkas Romekasari[2]

 

Reporter: Ramadhany Rahmi

Editor     : Ajiwan Arief

 

The subscriber's email address.