Lompat ke isi utama
bayangan seseorang sedang mempotret gambar seekor domba

Hari Raya Idul Adha, Dari Kita untuk Kita

Solider.id –  Idul Adha 1441 H yang bertepatan dengan Jum’at 31 Juli 2020 kemarin, merupakan Hari Raya Qurban kali pertama dimasa pandemi Covid-19. Menghadapi situasi ekomoni global yang masih belum stabil, tidak menyurutkan niat indvidu difabel untuk tetap berbagi dengan menyembelih hewan Qurban.

Memaknai Qurban sebagai salah satu ungkapan rasa syukur menjadi point tersendiri yang diakui oleh Yessi, difabel pengguna kursi roda dari Garut. Usahawan muda ini pun, berpendapat hakikatnya rezeki bukan saja dalam bentuk materi, kesehatan dimasa pandemi merupakan satu bagian terpenting darinya.

“Motong di rumah, saya ikut bantu dibagian menimbang dan mengemas,” tutur Yessi.

Kegiatan sehari sebelum pelaksanaan Qurban, dirinya melakukan pendataan warga difabel di wilayah tinggal. Bentuk perhatian kecil yang ingin diberikan kepada para difabel menjadi prioritas utama. Selama pandemi terjadi, masyarakat difabel masih minim tersentuh oleh berbagai pihak. 

Masa newnormal dirasakan sebagai titik awal laju memulai aktifitas ditengah anjuran tetap menjaga protokol kesehatan yang diberlakukan. Perbedaan yang dirasakan saat hari raya Qurban sekarang hanya sebatas dari luputnya kerumunan orang, hanya keluarga yang turut membantu hingga selesai.

“Buat saya Qurban ini sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih pada Allah Swt. atas rezeki yang sudah diberikan. Kadang saya juga susah memahaminya, rezeki terkadang datang dari jalan yang tidak terduga. Makanya, melalui Qurban ini berusaha untuk berbagi,” terangnya.

Disampaikan Yessi, dirinya banyak merasakan hal yang diluar akal dalam hidupnya. Seperti berkesempatan melaksanakan ibadah Umroh ke tanah suci beberapa tahun silam, dan tetap dapat menjalankan usaha kulinernya meski dalam kondisi pandemi covid-19.

Kegigihan berjuang dalam hidup mampu mengalahkan hambatan mobilitas yang ia alami. Yessi, termasuk individu difabel yang sukses dengan mandiri mengelola usaha kulinernya.[] 

 

Reporter: Srikandi Syamsi

Editor    : Ajiwan Arief

   

The subscriber's email address.