Lompat ke isi utama
Ilustrasi belanja daring

Tips Belanja Daring bagi Difabel Netra

Solider.id- Di masa pandemi yang masih belum ada tanda-tanda mereda, membuat masyarakat khawatir untuk ke luar rumah. Padahal masyarakat perlu berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dalam situasi seperti ini, belanja daring menjadi solusi tepat.

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh difabel netra dalam berbelanja daring agar bisa berbelanja dengan nyaman.

Pilih aplikasi belanja daring yang aksesibel

Sebelum berbelanja daring, pastikan bahwa aplikasi toko tersebut sudah ramah difabel netra, yakni menu pada aplikasi tersebut bisa terbaca oleh Screen Reader (aplikasi pembaca layar). Hal ini berguna agar difabel netra bisa mengetahui deskripsi barang yang akan dibeli.

Pastikan barang yang dibeli berkualitas

Cara mengetahui kualitas barang yang akan kita beli adalah dengan membaca menu ulasan. Dalam menu ulasan, terdapat komentar orang yang sudah pernah membeli barang tersebut. Mereka biasanya akan menceritakan pengalaman berbelanjanya secara jujur. Maka dari itu, kita harus memilih barang yang mempunyai banyak ulasan positif. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan kita sebelum benar-benar membeli barang.

Teliti dalam membeli

Supaya barang yang dibeli tidak mubadzir, kita harus teliti membaca deskripsi barang. Mulai dari bagaimana bentuknya, ukuran, warna, serta fungsinya. Jika masih ragu dengan deskripsi tersebut, kita bisa meminta tolong kepada orang awas untuk menjelaskan detail gambar barang tersebut. Perlu diingat, kita harus mencari orang yang benar-benar kita percaya ya.

Piih opsi pembayaran yang aman dan nyaman

Ketika memilih opsi pembayaran, maka kita akan di suguhkan beberapa opsi yaitu : dompet digital, mini market, kartu debit, bahkan kartu kredit. Namun, untuk difabel netra sebaiknya memilih opsi pembayaran melalui dompet digital atau mini market.

Dengan menggunakan dompet digital atau mini market, kita bisa mengeluarkan uang sesuai dengan harga barang yang mau kita beli. Sehingga jika terjadi kesalahan dengan nominal pembayaran, transaksi akan gagal.

Kita tidak perlu khawatir jika mendadak uang yang ada di rekening berkurang akibat salah memasukkan nominal pembayaran. Jadi, ketika mengisi saldo dompet digital, pastikan uang yang kita transfer dari rekening ke dompet digital sesuai dengan harga barang yang akan dibeli ya.

Pilih jasa pengiriman yang mudah dijangkau

Sebelum diarahkan ke menu pembayaran, kita terlebih dahulu akan diarahkan ke menu pengiriman. Di menu pengiriman, ada beberapa jasa pengiriman yang tersedia. Untuk bisa menemukan jasa pengiriman yang mudah dijangkau, kita bisa memilih jasa pengiriman yang dekat dengan rumah kita. Minimal yang gerainya sudah tersebar luas di kota kita. Hal tersebut akan mempercepat barang sampai di rumah kita. Yang tidak kalah pentingnya, kita harus memasukkan alamat yang detail dan jelas, seperti nama jalan, nama gang, nomor rumah, RT/RW, dan sebagainya. Untuk meminimalisir salah alamat.

Oh ya, jika barang yang kita beli berpotensi rusak di perjalanan. Jangan lupa mengasuransikannya melalui jasa pengiriman ya. Supaya barang sampai dengan selamat.

Rutin cek resi

Ketika barang sudah dikirim, kita akan diberi resi sebagai bukti pengiriman. Selain sebagai bukti pengiriman, resi juga berfungsi untuk memantau perjalanan barang. Jika ada masalah dengan pengiriman, seperti barang yang lama sampainya, kita bisa mengajukan keluhan ke pihak jasa pengiriman dengan menunjukkan nomor resi.

Jangan lupa beri ulasan

Setelah barang telah kita terima, periksalah terlebih dahulu. Apakah barang tersebut berfungsi dengan baik atau sebaliknya. Kita bisa meminta bantuan orang awas untuk mengecek dan mengoperasikannya, sambil kita meraba langusung barang tersebut. Jika ada masalah pada barang, segeralah menghubungi penjual untuk mengajukan keluhan agar segera ditindaklanjuti.

Terakhir, jangan lupa memberi ulasan pada toko di mana kita beli barangnya. Kita harus menceritakan pengalaman menggunakan barang tersebut dengan jujur untuk memberi informasi ke pembeli lain. Demikian informasi yang bisa di sampaikan seputar berbelanja daring. Semoga bisa menjadi rekomendasi dalam berbelanja di tengah pandemi yang masih melanda ini.[]

 

Penulis: Indra Rukmana Putra, Difabel Netra asal Cirebon. Sekarang sedang menempuh pendidikan di salah satu Perguruan Tinggi di Bandung

Editor: Robandi

The subscriber's email address.