Lompat ke isi utama
Media Briefing Perdik

Urgen, Kolaborasi Organisasi Difabel dan Jurnalis Independent kota Makassar

Solider.id, Makassar – , PerDIK (Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan)  menyelenggarakan media briefing dengan tema kolaborasi jurnalis dan aktivis disabilitas untuk Transparansi pembangunan dan anggaran publik. Media Briefing yang dikemas dalam diskusi ini dilaksanakakn pada (25/6). Diskusi melibatkan Koalisi DPO Kota Makassar dengan disupport pula oleh Indonesian Corruption Watch (ICW), kawan-kawan Jurnalis kota Makassar, dan sejumlah aktivis difabel.  

Dalam setahun terakhir, PerDIK (Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan) bersama sejumlah organisasi difabel melakukan analisis dan advokasi anggaran publik pro disabilitas. Kegiatan ini  adalah melakukan peningkatan kapasitas aktivis difabel dalam membaca anggaran publik, melakukan riset persepsi difabel terhadap layanan kesehatan kota Makassar, training advokasi serta melakukan kampanye jalanan dan mengajukan sengketa informasi publik ke KIP Sulawesi Selatan.

Selama proses ini berjalan, beberapa persoalan kemudian dihadapi oleh kualisi. Pertama, persoalan data jumlah difabel yang masih berantakan, fasilitas layanan kesehatan yang belum akses atau dapat mengakomodasi difabel dan minimnya alokasi anggaran yang disediakan pemerintah dalam memenuhi hak difabel di kota Makassar.

Selain itu, pemerintah cenderung merahasiakan informasi anggaran kota Makassar terhadap warganya yang difabel. Ini terjadi saat kualisi organisasi disabilitas ingin melakukan analisis anggaran dan meminta data informasi anggaran ke beberapa SKPD, informasi tersebut enggan diberikan.

Sayangnya, anggota dewan  juga cenderung menganggap isu ini tidak terlalu penting. Ini terlihat saat kualisi organisasi disabilitas melakukan public hearing ke anggota  DPR,  Kualisi hanya ditemui oleh satu anggota dewan dari fraksi PKS.

Kami kemudian memikirkan agar Kerja kolobarotif ini diperluas, khususnya dengan Pihak Media, agar  Informasi terkait proses kerja kolaborasi, informasi dari hasil kerja maupun pengetahuan yang diproduksi selama kerja kolaborasi berlangsung dapat direproduksi dan disebarluaskan melalui beragam media baik daring maupu luring.

 

 

Reporter: Ramadhan Sharro

Editor     : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.