Lompat ke isi utama
fitur aksesibilitas pada google maps

Google Maps Rilis Fitur Baru Accesible Places untuk Pengguna Kursi Roda

Solider.id - Tepat di Global Accessibility Awareness Day (GAAD) atau Hari Kesadaran Aksesibilitas Global bulan Mei lalu, perusahaan teknologi raksasa Google meluncurkan Accessible Places, sebuah fitur informasi aksesibilitas yang ramah bagi pengguna kursi roda (21/05).

Melalui rilis dalam laman blognya, Google mengklaim bahwa fungsi fitur baru ini tidak hanya diperuntukkan bagi pengguna kursi roda saja, tapi akan menguntungkan bagi semua orang. Misalnya, bagi orang tua yang mendorong kereta bayi dan para lansia yang mudah lelah ketika berjalan kaki serta orang-orang yang mengangkut barang-barang berat. Terutama di masa pandemi Covid-19 ini, sangatlah penting untuk mengetahui terlebih dahulu sebelum bepergian apakah tempat-tempat yang akan dituju seperti apotek atau toko bahan makanan dan lainnya, sudah memiliki tempat duduk, toilet atau parkir yang aksesibel atau belum.

“Peluncuran fitur ini adalah tonggak penting dalam perjalanan kami untuk membangun peta yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi semua orang, yang mencakup upaya terbaru untuk membantu orang menemukan tempat yang dapat diakses, rute transit, dan arah berjalan kaki.” kata Google.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan mengunduh versi terbaru dari Google Maps. Lalu buka “Settings” atau Pengaturan, pilih “Accessibility”  atau Aksesibilitas, dan nyalakan atau klik Accessible Places. Untuk pemilik usaha, dengan menambahkan fitur aksesibilitas ini pada profil bisnisnya di Google Maps dan Google Search akan membantu pengguna yang membutuhkan akses bebas tangga sehingga akan memudahkan para pengguna kursi roda yang berjumlah 130 juta orang di seluruh dunia.

“Ketika Accessible Places diaktifkan, ikon kursi roda akan menunjukkan pintu masuk yang dapat diakses dan Anda akan dapat melihat apakah suatu tempat memiliki tempat duduk, toilet, atau parkir yang dapat diakses. Jika dikonfirmasi bahwa suatu tempat tidak memiliki pintu masuk yang dapat diakses, kami juga akan menunjukkan informasi itu pada Maps.” ungkap Google.

Fitur Accessible Places sudah tersedia di Android dan iOS. Google menyatakan bahwa pengguna Android dan iOS memungkinkan berkontribusi dalam pembaruan informasi aksesibilitas dengan pemberian peringkat atau tanda bintang jika tidak yakin tempat-tempat tersebut dianggap telah aksesibel atau tidak. Namun ada peluncurannya, hanya beberapa negara di dunia seperti Australia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat saja yang dapat menikmati moda terbaru Google Maps ini.

Berikut adalah link Introducing Accessible Places on Google Maps

https://www.youtube.com/watch?v=-oWsAMwJ-ks

 

Reporter: Alvi

Editor: Ajiwan Arief

The subscriber's email address.