Lompat ke isi utama
Ilustrasi alur pendaftaran PPDB SD Keputran 2

SD Keputran 2 Alokasikan 6 Kursi bagi Calon Siswa Difabel

SD Keputran 2 Alokasikan 6 Kursi bagi Calon Siswa Difabel

Solider.id, Yogyakarta- Mewujudkan hak belajar bagi seluruh anak bangsa, dibutuhkan keterbukaan kesempatan semua sekolah pada tiap-tiap jenjang pendidikan. Bukan sekadar membuka kesempatan, namun juga memberi layanan sesuai kebutuhan para siswa. Mulai dari kurikulum, guru pendamping, peraga, sistem ajar, aksesibilitas yang mendorong perwujudan pendidikan inklusif.

SDN Keputran 2 Yogyakarta, yang berada di Jalan Kadipaten Kidul no.17, adalah satu dari 73 sekolah di Kota Yogyakarta jenjang sekolah dasar yang memberikan layanan pendidikan inklusi. Sebanyak 6 kursi dialokasikan bagi siswa difabel pada pendaftaran peserta didik baru (PPDB) 2020/2021.

Menurut keterangan Kepala SD Keputran 2, Sigit Muryanto, dua jalur pendaftaran dibuka tahun ini yaitu, jalur PPDB RTO (real time online) dan jalur afirmasi disabilitas. Melalui PPDB RTO, SD Keputran 2, menerima 2 rombongan belajar (rombel) atau sebanyak 50 siswa, sedangkan jalur afirmasi (offline) menerima 6 siswa difabel.

“Pada tahun ajaran 2020/2021 ini, kami baru bisa menerima siswa dengan disabilitas tuli, netra dan fisik. Hal ini mengingat tahun ini adalah tahun pertama inklusi bagi sekolah kami. Serta kualifikasi guru pendamping khusus (GPK) yang kami miliki untuk tiga spesifikasi itu,” jelas Sigit Muryanto pada Solider, Selasa (26/5).

Pada kesempatan itu Sigit menghimbau kepada orang tua calon siswa difabel untuk mengoptimalkan kuota tersebut. “Bagi orang tua dengan putra/putri difabel tuli, netra, atau fisik, silahkan mendaftar di SD Keputran 2 Yogyakarta. Persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya, hasil assesmen dari psikolog/ahli, akta kelahiran dan kartu keluarga (KK),” imbuhnya.

Bagi yang belum memiliki hasil assesmen, dia menyarankan pada para orang tua untuk melakukan assesmen di Unit Pelaksana Tugas Layanan Disabilitas (UPT ULD) Jalan Kolonel Sugiyono yang berada di Kompleks SD Pujokusuman Yogyakarta.

Jadwal dan mekanisme

Pendafaran jalur afirmasi penyandang disabilitas, dibuka lima hari lebih dari PPDB RTO. Yaitu pada 17 - 19 Juni 2020, pukul 08.00 – 14.00 WIB. Dengan mekanisme, mendaftar secara offline atau datang langsung ke sekolah, dengan menyerahkan persyaratan yang ditentukan (hasil assesmen dari psikolog/ahli, akta kelahiran dan kartu keluarga).

Pengumuman hasil seleksi pada Senin (22/6) pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan daftar ulang dengan menyerahkan fotocopy Akte Kelahiran. Daftar ulang dilayani mulai pukul 10.00 – 13.00 WIB. Jika pada waktu yang ditentukan tidak juga melakukan daftar ulang, maka yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri. []

Reporter: Harta Nining Wijaya

Editor: Robandi

The subscriber's email address.