Lompat ke isi utama
Poster PPDB 2020

Tata Cara PPDB SMP 2020, Jalur Afirmasi bagi Siswa Difabel

Solider.id,Yogyakarta- Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Kota Yogyakarta 2020, kembali menggunakan empat jalur. Yakni jalur zonasi 55%, jalur afirmasi 20%, jalur perpindahan tugas orangtua 5%, serta jalur prestasi 20%. Dengan catatan, setiap calon peserta didik hanya dapat memilih satu jalur untuk mendaftar masuk jenjang SMP.

Jalur afirmasi ialah jalur khusus yang diperuntukkan untuk PPDB bagi calon siswa difabel dan pemegang kartu menuju sejahtera (KMS). Kuota 20% jalur afirmasi ini dialokasikan 5% bagi difabel, sedangkan 15% bagi calon siswa pemegang kartu menuju sejahtera (KMS).

Kuota 5% bagi siswa difabel melalui jalur afirmasi, diberlakukan di 16 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di Kota Yogyakarta. Dengan syarat dan ketentuan antara lain: penduduk Kota Yogyakarta, memiliki hasil assesment dari Unit Pelaksana Teknis Layanan Disabilitas (UPT ULD) Kota Yogyakarta atau psikolog. Apabila calon siswa belum memiliki hasil assesment, harus melakukan assesment di UPT ULD. Serta, syarat berikutnya, calon siswa  lulus SD/MI atau Paket A, tahun ajaran 2018/2019 dan atau 2019/2020.

Mekanisme pedaftaran

Pendaftaran dijadwalkan tersendiri. Yakni satu minggu sebelum PPDB jalur lainnya. Dengan mekanisme, Calon siswa difabel datang di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta untuk mengisi formulir dan menyerahkan  berkas pendaftaran pada 22 dan 23 Juni 2020, pukul 10.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Berikutnya, calon  siswa difabel menerima bukti pendaftaran dan mendapatkan nomor urut pendaftaran, apabila berkas pendaftaran sudah lengkap.

Adapun pengumuman hasil penerimaan jalur afirmasi bagi siswa difabel, dijadwalkan pada Kamis (25/6) pukul 10.00 WIB, melalui online di laman https://yogya.siap-ppdb.com. Selanjutnya lapor diri pada 25 atau 26 Juni 2020, pukul 10.00 – 14.00 WIB, di sekolah pendaftar diterima.

Apabila, siswa difabel yang diterima di SMP negeri tidak lapor diri, maka yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri.[]

 

Reporter: Harta Nining Wijaya

Editor: Robandi

The subscriber's email address.