Lompat ke isi utama
iPromosi PAUD Inklusi

Akan Hadir Di Pati, TK dan PAUD Inklusi

Solider.id, Pati  -  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) bernama Sahabat Anak Indonesia (SAI) membuka pendaftaran peserta didik baru, pendaftaran dibuka menjadi dua gelombang yaitu gelombang pertama tanggal 3 Februari - 6 April dan gelombang kedua tanggal 17 April - 30 Juni 2020. Sekolah inklusi PAUD dan TK pertama di Pati ini dibawah naungan yayasan Sedekah Jamaah (Sejam) yang akan menerima difabel dan nondifabel.

Kepala yayasan Sejam, Edi Kiswanto mengatakan bahwa setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. "Mereka adalah manusia yang sama-sama punya bakat dan potensi yang perlu di olah dan dikembangkan melalui PAUD yang kami rintis, termasuk juga anak-anak yatim piatu dan dhuafa ". Kata Edi.

PAUD islam SAI ini diharapkan bisa memberikan edukasi pada semua orang, baik Pemerintah, stakeholder, orang tua, dan masyarakat untuk mengubah stigma.

"Masih banyak  orang yang membedakan (mendikotomi) antara kaya miskin, difabel nondifabel, yatim ataupun tidak. Diharapkan sekolah ini menjadi tempat belajar yang bisa menerima siapa saja, dari kalangan mana saja tanpa mendiskriditkan salah satunya." Terang Edi.

Banyak orang tua yang tidak mau bahkan malu untuk menyekolahkan anaknya karena anaknya seorang difabel. "Adanya Pendidikan Anak Usia Dini Islam SAI yang kami dirikan ini bisa menjawab kegelisahan orangtua yang kebetulan punya anak berkebutuhan khusus untuk tidak malu bahkan takut untuk menyekolahkan anaknya. Orangtua juga tidak perlu khawatir jika dari segi ekonomi memang tidak mampu namun punya keinginan kuat untuk menyekolahkan anaknya PAUD Islam SAI Insya Allah menjadi jalan keluar bagi keluarga yang tidak mampu." Ucap Edi.

PAUD dan TK yang berlokasi di Dukuh Rendole, Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo ini juga tengah mempersiapkan sarana dan prasarana serta tenaga pendidik yang akses untuk semua siswanya.

"Kami mempersiapkan guru yang akan mendidik anak-anak sesuai dengan kapasitasnya, kemudian sarana dan prasarananya juga harus bisa mengakomodir semua anak seperti aksebilitas anak berkebutuhan khusus. Kemudian pembelajaran juga kami akan persiapkan agar mudah diterima anak-anak usia dini, karena selain inklusi di PAUD Islam SAI juga akan mengedepankan praktik-praktik pembiasaan pada proses pembelajaran yang menyenangkan, kreatif dan inovatif sehingga berharap hasilnya memunculkan anak-anak yang optimis & berakhlaqul karimah." Paparnya.

Terkait biaya untuk bersekolah disini, ia tidak akan memberatkan orang tua.

"Rencananya kalau nanti sudah ada siswanya, kita akan musyawarahkan dengan para guru dan orang tua anak, nantinya akan ada opsi pilihan biaya, yang jelas biaya jangan sampai memberatkan pihak orang tua." Imbuhnya

Ia berharap sekolah ini bisa menjadi mitra bagi masyarakat dalam membantu pendidikan anak-anaknya.

 

Reporter: Oby  

Editor      : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.