Lompat ke isi utama
ilustrasi logo pokja UU Disabilitas

KNPD Meminta Pemerintah Segera Lakukan Uji Publik Draft Perpres KND

Solider.id, Bandung - Tim Koalisi Nasional Pokja Implementasi UU Penyandang Disabilitas (KNPD) menemui Staf Khusus (StafSus) Kepresidenan (11/12) di Jakarta. Pertemuan ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari maraknya pemberitaan media terkait penolakan KNPD terhadap draft peraturan presiden (Perpres) pembentukan Komisi Nasional Disabilitas (KND) pada 6 Desember 2019 lalu.

“Pertemuan hanya dengan tim pokja dan staf khusus. Pokja menuntut diadakannya uji publik dari draft Perpres yang dikeluarkan oleh Kemenpan RB” ujar Maulani Rotinsulu, salah satu anggota tim KNPD melalui aplikasi pesan whatsapp pada Solider.id (11/12).

Lebih lanjut, Maulani menjelaskan dalam pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa Perpres dapat diresmikan tahun 2019 ini, dengan fokal point bukan Kementerian Sosial (Kemensos), dan Organisasi Penyandang Disabilitas (DPOs) tidak akan memaksa pemberlakuan penganggaran di tahun yang sama, serta draft Perpres dikembalikan pada draft semula yang telah disusun pada tahun 2017.

Menjawab pertanyaan Solider.id perihal isi dari draft yang dimaksud, Maulani mengatakan bahwa draft tersebut tidak dipublikasikan.

“Tidak dipublikasikan, oleh karena itu kita minta dipublikasikan dan uji publik” tegas Maulani, menutup percakapan.  

 

Reporter: Maya

Editor     : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.