Lompat ke isi utama
6 perwakilan dari universitas mitra INDOEDUC4ALL sedang presentasi

INDOEDUC4ALL Melahirkan Praktik Baik di 6 Perguruan Tinggi

Solider.id, Yogyakarta- Program INDOEDUC4ALL dan Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education (ICODIE) melahirkan berbagai praktik baik yang dilakukan enam Perguruan Tinggi di Indonesia dedalam memberikan hak pendidikan bagi difabel. Hal tersebut dipaparkan enam perwakilan dari masing-masing Universitas di Konferensi Internasional dan Nasional yang diselenggarakan pada 3-4 Desember 2019.

Indoeduc4all merupakan program penguatan akses Pendidikan Tinggi untuk difabel di enam Universitas di Indonesia. Enam Universitas yang mempresentasikan praktik baik tersebut diantaranya Univeristas Indonesia, UIN Jakarta, UIN Sunan Kalijaga, IAIN Surakarta, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Negeri Lampung Mangkurat (UNLAM). Keenamnya tergabung dalam program yang sudah sampai di tahap kedua tersebut.

Dari keenam presentasi perwakilan dari Universitas, praktik baik sudah mulai berjalan, meski ada beberapa masih dalam proses. Adapun beberapa diantaranya, dibentuknya Unit Layanan Difabel (ULD), dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Rektor sebagai legitimasi impelemntasi pendidikan yang lebih ramah terhadap difabel. Selain itu ada program kerelawanan di dalam ULD, aksesibilitas infrastrktur, layanan akademik yang memudahkan, teknologi bantu, sampai riset bertajuk difabilitas di lingkup kampus.

Sebagaimana disampaikan Rektor Universitas Lampung Mangkurat, pihaknya telah mengeluarkan SK rector untuk memastikan implementasi pendidikan yang inklusif di lingkungan kampusnya. Tak hanya itu, kebijakan administratif juga diubah untuk memudahkan mahasiswa difabel dalam mengakses pelayanan kampus.

“Program ini sangat menyadarkan kami, terutama yang berkaitan dengan birokrasi, kami belajar bagaiaa melayani mahasiswa difabel,” katanya. []

 

Redaksi

 

The subscriber's email address.