Lompat ke isi utama
Kegiatan Dacop di HDI 2019

HDI, Decop adakan workshop Kenali Hak Tuli

Solider.id, Pati - Deaf Community Of Pati (Decop) mengadakan workshop pemenuhan hak  Tuli di ruang publik pada Hari Disabilitas Internasional (HDI), Selasa (03/12). Workshop ini diadakan di aula hotel Gritary dan diikuti oleh beberapa stakeholder Kabupaten Pati.

Wakil bupati Pati, Saiful Arifin mengatakan akan memberikan ruang pada difabel.

"Kita akan bertahap memberi ruang pada difabel, kita akan menggandeng pihak swasta untuk memberi pekerjaan pada difabel, dan jika difabel yang mau berwirausaha itu lebih baik, kita akan mendukungnya". Ucap Saiful Arifin.

Ia berharap dinas sosial memberikan suatu kemandirian untuk difabel serta dukungan semua masyarakat.

Difabel Tuli seringkali kurang untuk mendapatkan informasi publik dikarenakan kurangnya pemahaman untuk berinteraksi dengan difabel Tuli. Narasumber workshop Phieter Angdika yang juga ketua Gerkatin (Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indoneisa) Kepemudaan mengemukakan pentingnya hak Tuli di ruang publik.

"Banyak sekali hambatan difabel Tuli dalam mengakses ruang publik, misalnya petugas yang seringkali  miskomunikasi dengan teman-teman Tuli saat mengantre lama yang tak ada running textnya lalu petugas pun belum bisa berinteraksi dengan teman-teman Tuli, biasanya tidak adanya papan informasi sehingga teman-teman Tuli kesulitan untuk mengaksesnya". Kata Phieter.

Dalam workshop ini ia berharap semua masyarakat paham saat berinteraksi dengan teman-teman Tuli, dan untuk teman-teman Tuli juga mengedukasi dengan mensosialisasikan bahasa isyarat kepada semua elemen masyarakat secara terus-menerus.

Andhika Aminuddin, ketua Decop mengharapkan teman-teman Tuli dapat mengakses semua informasi dan pelayanan di ruang publik serta masyarakat dapat berinteraksi dengan teman-teman Tuli.

"Harapan saya di instansi pemerintah layanan publik bisa disediakan penerjemah isyarat, atau paling nggak, ada teks tulisan nomor atau nama saat antre biar memudahkan Tuli seperti saya. Saya tidak dengar jadi butuh tulisan di papan pengumuman untuk membantu saya". Tukas Andhika.

 

Reporter: Oby Achmad

Editor     : Ajiwan Arief  

The subscriber's email address.