Lompat ke isi utama
Salah satu staf Disdukcapil sedang memfoto salah satu warga difabel

Disdukcapil Sleman Jemput Bola E-KTP untuk Warga Difabel

solider.id, Sleman- Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sleman jemput bola E-KTP ke rumah warga difabel di desa Sendangtirto, Berbah. Upaya tersebut dilakukan bagian dari peningkatan pelayanan administrasi kependudukan bagi warga difabel.

“Jemput Bola juga dilakukan untuk warga difabel yang dan mendapat tidak bisa mengakses E-KTP melalui kantor disdukcapil,” tutur MF Douglas Sudarmaji mewakili Disdukcapil (30/10). Dia mengatakan upaya tersebut baru diawali dengan proses pemotretan untuk E-KTP.

Herman Padiyanto perwakilan desa Sendangtirto mengapresiasi program dari Disdukcapil tersebut. Selain itu, dia menjelaskan peran pemerintah desa hanya sebagatas memediasi antara warga difabel dengan Disdukcapil. “KTP menjadi hak semua warga, tak terkecuali Difabel yang sesungguhnya lebih rentan untuk sakit,” tuturnya.

Herman berharap, semakin banyak keterbukaan dan kesempatan yang dilakukan oleh pemerintah mempermudah warga difabel untuk mendapat kesetaraan. Salah satunya dengan memberikan layanan yang adaptif dan sesuai dengan kondisi warga difabel. []

 

Reporter: Kuni Fatonah

Editor: Robandi

The subscriber's email address.