Lompat ke isi utama
difabel mental Pati lakukan magang kerja

Difabel Mental Pati Lakukan Magang Kerja

Solider.id, Pati  -  Sebanyak 28 difabel  warga Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margo Laras Pati melakukan Praktik Belajar Kerja (PBK). Mereka  terbagi pada empat lokasi kerja, yakni pada dua usaha batik di Juwana, pertanian dan budidaya jamur di Gembong. Kegiatan ini berlangsung selama 15 hari

PBK ini dilaksanakan setiap satu semester sebelum para penerima manfaat dikembalikan ke keluarganya.

"Sebelum kami kembalikan ke keluarganya, kami lakukan PBK dulu karena sebelum kembali ke masyarakat mereka sudah mempunyai bekal. Selama melakukan rehabilitasi di sini juga diberikan keterampilan pertanian, tata boga, batik dan salon". Ucap Erna Susilowati Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial (Kasi Yahrensos) BRSPDM Pati saat ditemui di kantornya, Senin (5/11).

Penerima manfaat diberikan pelatihan di lapangan disesuaikan dengan kriteria saat diberikan pelatihan di BRSPDM. Tiap satu tahun BRSPDM Pati memberikan PBK kepada penerima manfaat sebanyak 50 orang yang akan ditempatkan di beberapa lokasi usaha. "Setelah pembekalan itu diberikan uang untuk membuka usaha, ada yang sudah lancar seperti Karsih yang dulu ikut pelatihan menjahit setelah dari sini membuka usaha permak sendiri, lalu ada Marsudi yang membeli hewan kambing untuk di ternak". Tutur Erna.

Saat PBK berlangsung, ada petugas yang mendampingi mereka dalam proses pelatihan di lapangan. Pendamping disini bertugas untuk memberikan semangat kerja dan mengawasi para penerima manfaat.

"Tugas saya disini untuk mendampingi para peserta PBK agar tidak malas dan memotivasi mereka, biasanya ada yang baru beberapa hari sudah malas mengikuti kegiatan ini". Tukas Karina pendamping PBK.

Saat ditanya soal kendala, ia mengaku selama ini tidak mengalami kendala saat mendampingi para penerima manfaat dalam kegiatan PBK.

Alif Mustofa, pengusaha budidaya jamur yang merupakan salah satu tempat untuk PBK merasa senang atas kegiatan ini.

"sangat bagus, karena memberikan pengalaman pada para penerima manfaat dari BRSPDM agar bisa bersosialisasi dan mengetahui proses budidaya jamur. Teman-teman difabel ini  sudah ketiga kalinya magang disini". Ujar Alif.

Ia menambahkan bahwa pihaknya terbuka. Bagi peserta magang yang ingin bergabung melakukan budidaya jamur, pihaknya mengizinkan kawan difabel untuk bergabung.

 

Reporter: Oby Achmad

Editor       : Ajiwan Arief

 

The subscriber's email address.