Lompat ke isi utama
Kegiatan diskusi interaktif di Bali

Dialog Interaktif, Upaya Sosialisasi Ketenagakerjaan Difabel Kepada Masyarakat

solider.id, Denpasar – Radio Republik Indonesia (RRI) PRO 1 Denpasar bekerja sama dengan PUSPADI BALI mengadakan dialog interaktif di Annika Linden Centre  di Jalan Bakung No 19 Kesiman Kertalangu Denpasar, tema yang diangkat adalah tentang  Ketersediaan Lapangan Kerja bagi Penyandang Disabilitas. Acara ini disiarkan secara langsung pada program acara Hi Kenken Bali  di RRI PRO 1 Denpasar.

Pada acara tersebut menghadirkan 2 narasumber yaitu  I Nengah Latra sebagai Pimpinan PUSPADI Bali dan I Kadek Agus Weda Gunawan sebagai Project Officer di Dnetwork Bali. Kedua narasumber juga merupakan difabel. Pada acara tersebut dihadiri oleh beberapa kelompok difabel antara lain Bali Deaf Community, Gerkatin,  SLB 2 Denpasar dan individu difabel lainnya.

Pada dialog tersebut dibahas  peluang kerja yang diperoleh  para difabel serta  kendala yang dihadapi ketika  difabel  masuk ke dunia kerja. Menurut  I Nengah Latra selaku narasumber mengatakan bahwa para pelaku usaha hendaknya memberikan kesempatan kerja kepada para difabel sesuai dengan potensi yang dimiliki. “di PUSPADI Bali kami mengajarkan soft and hard skill sebagai bekal mereka di dunia kerja. Selain itu  difabel harus semangat dan membuka diri dalam mengasah skill yang bisa digunakan di dunia kerja maupun membuka peluang usaha sendiri “.

Pada kesempatan itu juga I Kadek Agus Weda Gunawan memaparkan bahwa tugas dari Dnetwork Bali adalah memperkenalkan tenaga kerja difabel ke perusahaan– perusahaan. “terkadang perusahaan tidak tahu cara memfasilitasi tenaga kerja difabel, untuk itu kami selalu mensosialisasikan bagaimana cara menempatkan tenaga kerja difabel sesuai dengan keteranpilan yang dimiliki“ ujar Project officer  Dnetwrok  Bali tersebut.  Dnetwork Bali sebagai penyalur tenaga kerja difabel hingga kini telah menyalurkan 250-an difabel ke dunia kerja.

Kedua narasumber  berharap ke depannya para pengusaha lebih membuka peluang  kerja kepada semua jenis difabel, dan juga  peran penting dari keluarga dalam membantu pengembangan kemampuan para difabel sehingga lebih siap memasuki dunia kerja.

 

Reporter: Ayu Wandari

Editor     : Ajiwan Arief

 

The subscriber's email address.