Lompat ke isi utama
Pencatatan E KTP di Pati

Hasil Jemput Bola, Difabel Pati Peroleh E-KTP

Solider.id, Pati - Wakil bupati pati, Saiful Arifin dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Rubiyono menyerahkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) untuk difabel di Gabus, Rabu (16/10).

Hal ini menunjukkan bukti nyata dan konsistensi Disdukcapil Pati dalam pelayanan masyarakat tak terkecuali difabel.

"Inilah maksud saya bagian dari pelayanan Disdukcapil untuk jemput bola kepada orang yang belum mempunyai E-KTP". Ucap Saiful Arifin.

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk bersabar saat pencetakan E-KTP.

"Dalam pencetakan E-KTP memang blangkonya kosong dan itu kewenangan dari pusat dan saya berharap tim-tim khusus dari Disdukcapil Pati untuk meningkatkan terus pelayanannya dalam jemput bola ini". Jelasnya.

Masalah blangko kosong tidak hanya terjadi di Kabupaten Pati, tetapi di seluruh Kabupaten atau Kota di Indonesia.

"Sesuai dengan UU Kependudukan, blangko adalah kewenangan pusat, dan kekosongan blangko ini tidak hanya di Pati saja tetapi di semua Kabupaten atau kota di Indonesia". Kata Rubiyono.

Sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil bupati Pati untuk meningkatkan pelayanan, jemput bola harus dilakukan.

"Jadi dimanapun ada laporan dari masyarakat kita harus jemput bola, kita foto langsung lalu nanti kita menunggu kalau ada blangko langsung kita cetak serta arahan dari Bupati Pati di tahun 2020 ada pasukan khusus untuk mengantar ktp yang sudah jadi". Tuturnya.

Ia menambahkan telah bekerja sama dengan komunitas difabel di Pati jika ada difabel yang belum mempunyai E-KTP untuk segera melaporkan ke Disdukcapil Pati.

"Kita juga bekerja sama dengan komunitas difabel termasuk dengan mas Widiyanto jika ada difabel yang belum mempunyai KTP segera untuk melaporkan". Tukas Rubiyono.

Ketua Komunitas Difabel Pati (Kodipa), Tugiran merasa senang atas perhatian pemerintah kepada difabel.

"Saya merasa senang, karena pihak pemerintah memperhatikan  para difabel yang tidak bisa mengurus E-KTP sendiri dengan jemput bola yang di berikan langsung oleh wakil bupati dan Kepala Disdukcapil Pati". Ujar Tugiran.

Aktivis difabel di Pati, Widiyanto mengapresiasi Kepala Disdukcapil Pati atas konsistensinya dan tindakan nyata yang telah memerhatikan para difabel di Pati.

"Alhamdulillah sekarang beberapa difabel  di Pati yang belum mempunyai E-KTP telah memilikinya, dan Disdukcapil Pati juga mempermudah akses difabel terkait administratif, dan semoga aksesibilitas infrastruktur kantor Disdukcapil cepat terlaksana juga". Ucap Widiyanto.

 

Reporter: Oby Achmad

Editor       : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.