Lompat ke isi utama

Cari Peluang Usaha Baru, Difabel Bali Berlatih Jadi Barista

Solider.id, Denpasar -  Kostra (komunitas Teratai) bekerjasama dengan yayasan Sehati Bali menyelenggarakan kegiatan pelatihan barista pada  minggu (13/10)  di sekretariat Yayasan Sehati Bali,  Jl. Ken Arok No. 2, Peguyangan Denpasar Bali. Pada pelatihan tersebut,  para peserta diajarkan cara membuat selai dari buah-buahan lokal serta dengan cara yang sederhana dan aman untuk dikonsumsi serta tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan.

 Mauren selaku koordintor  acara menyampaikan bahwa tujuan diadakan acara pelatihan ini adalah untuk membekali para difabel dengan keterampilan yang nantinya dapat dikembangkan menjadi UKM sehingga dapat menyokong kehidupan mereka di tengah masyarakat secara mandiri.

Para peserta  terdiri dari difabel netra, autis dan cerebal palsy. Para peserta  nampak antusias mengikuti pelatihan yang diberikan oleh  Ines selaku instruktur yang juga seorang guru kimia dari salah satu sekolah jerman yang ada di Jakarta. “membuat selai buah suatu hal yang langka dikalangan netra, apalagi dengan metode yang aksesibel bagi kami dan menggunakan buah-buahan yang mudah kami dapatkan, jadi peluang usaha baru bagi saya”, ujar Jery salah satu peserta difabel netra di sela-sela pelatihan tersebut.

Semenetara itu, Mauren mengungkapkan bahwa membuat selai buah yang sehat dan enak, dan tentunya dengan rasa yang tidak kalah dengan selai produksi pabrik tidaklah sesulit yang dibayangkan. “Semua orang bisa membuatnya termasuk kawan-kawan difabel. Dengan metode yang sederhana, bahan yang mudah dijangkau seperti buah salak, mangga, buni dan buah lokal lainnya tentu sangat mudah bagi para difabel untuk dilakukan.

“Ini masih dalam skala kecil dulu. Harapan saya suatu hari nanti saya bisa kembali lagi dengan event yang lebih besar tentunya dengan peserta difabel yang lebih banyak pula. Saya yakin para difabel bisa untuk menangkap peluang ini dan mempraktikannya di rumah asal memiliki kemauan yang besar, lanjut kordinator cantik tersebut dengan semangat yang meletup-letup. Pungkas Mauren.[]

 

Reporter: Ayu Wandari

Editor   : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.