Lompat ke isi utama
ilustrasi Adult Change Tables

Adult Change Tables, Terobosan Baru Untuk Toilet Ramah Difabel

Solider.id, Yogyakarta - Saat ini, kesadaran untuk menyediakan toilet ramah difabel di tempat umum, khususnya di Yogyakarta, menunjukkan perkembangan yang membahagiakan. Keberadaan toilet ini dapat ditemukan di beberapa fasilitas umum, baik fasilitas pemerintah dan swasta, seperti hotel, bandara, universitas, dan kantor-kantor pemerintah. Kesadaran akan pentingnya membangun tempat yang bersifat universal design akan menjadi lebih berguna ketika perwujudannya mampu mengakomodasi  difabel berdasarkan kebutuhannya. Salah satu contohnya adalah ketersediaan adult change table di dalam toilet.

Seperti yang dilansir dari www.foundations.com, adult change table adalah sebuah alat untuk memudahkan seseorang membantu orang yang tidak mampu mengurus dirinya sendiri, seperti difabel. Kehadiran adult change tables yang menyatu dengan toilet akan sangat membantu difabel yang sama sekali tidak bisa berdiri untuk melakukan activities of daily living (ADL). Hal ini karena orang yang mengalami hambatan fisik dan tidak mampu berdiri membutuhkan ruang duduk dan atau sandaran punggung yang datar dan luas untuk sekedar memakai pakaian, baik sendiri atau dengan bantuan.

Sebagai sebuah inovasi dan fitur baru dalam konsep toilet ramah difabel, adult change table menawarkan ukuran yang beragam. Keberagaman ini karena tiap pengguna membutuhkan spesifikasi ukuran masing-masing. Namun dalam penyediaannya, dapat dilakukan dengan mengambil ukuran maksimum rata-rata yang dapat mencakup semua pengguna lintas ukuran, yaitu 1,5 – 2x 0,75 m (150-200 x 75 cm) sesuai yang dapat diadaptasi dari City of Winnipeg Accessibility Design Standard Third Edition.

Sebagai sebuah fitur baru, adult change table dapat ditempatkan atau dipasang menempel pada dinding atau hanya berupa bangku biasa yang titik penempatannya tidak mengganggu gerak kursi roda. Untuk jenisnya, ada yang portable juga permanen. Selain itu, adult change table dapat terbuat dari stainless steel (menempel dinding), kayu, bahkan bangku keramik. Untuk macamnya, ada yang dengan pengukur ketinggian hidrolik atau tidak.

Dengan adanya fitur adult change table ini akan menyertai munculnya tanda atau simbol yang berbeda untuk menunjukkan tingkatan fasilitas yang disediakan. Tanda yang biasanya hanya tanda kursi roda untuk menunjukkan toilet aksesibel, dalam toilat dengan adult change tables selain gambar kursi roda juga memuat simbol bangkunya.

Beberapa fasilitas umum yang sudah menyediakan fitur ini dalam desain toilet ramah difabel seperti yang dipublikasikan www.wheechairtravel.org adalah 7 bandara di Amerika Serikat seperti Hartfield-Jackson International Airport Atlanta, Baltimore/Washington International Thurgood Marshall Airport, Los Angeles International Airport, Orlando International Airport, Chicago O’Hare International Airport, Phoenix Sky Harbor International Airport, and Pittsburg International Airport. Selain Amerika Serikat, negara lain yang juga sudah menyediakan fasilitas ini di tempat umum adalah New Zeland. Seperti yang dilansir dalan www.grabyourwheel.nz, adult change table ini dapat ditemukan di Westfield mall.

Dengan meningkatnya kesadaran semua pihak dalam memahami pentingnya pembangunan fasilitas umum dengan konsep bangunan universal design, sudah semestinya juga memasukkan kebutuhan-kebutuhan dasar para difabel yang berbeda. Salah satu contohnya adalah penyediaan adult change table untuk membantu difabel fisik yang tidak mampu berdiri. Dengan masuknya inovasi konsep desain ini, kebermanfaatan fitur ini tidak hanya dapat dirasakan oleh para difabel fisik namun juga orang lain, seperti balita dan manula.  

 

Penulis: Rahmiatun Nur Khasanah

Editor  : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.