Lompat ke isi utama
ILUSTRASI ANTARMUKA WEB BOOKSHARE

Akses Ribuan Buku Aksesibel lewat BOOKSHARE

Solider.id, Malang - Membaca bagi kalangan difabel netra mungkin sedikit menjadi hambatan terssendiri mengingat belum banyaknya konten literatur yang diterbitkan dalam format aksesibel. Namun perlahan-lahan, situasi ini coba ditangani melalui semakin digalakkannya upaya publikasi buku aksesibel secara masif dan global. Salah satu bentuk upaya tersebut dapat dilihat diterapkan oleh situs penyedia buku secara online Bookshare.

Bookshare Sendiri merupakan website yang beroperasi selayaknya sebuah perpustakaan digital, yang khusus menyediakan berbagai jenis literatur buku berformat aksesibel bagi kalangan difabel netra ataupun individu dengan hambatan membaca (Reading Barrier).

Bookshare menghadirkan perpustakaan Ebook aksesibel terlengkap bagi difabel netra di seluruh dunia. katalog buku dari bookshare juga mencakup berbagai macam topik dan subyek untuk segmentasi lapisan masyarakat yang beragam. Terdapat koleksi ekstensif mulai dari buku untuk sekolah, karir, fiksi maupun non-fiksi, serta konten buku dari lebih dari 34 bahasa. Sampai saat tulisan ini dibuat saja, jumlah keseluruhan buku di Bookshare telah mencapai angka 750,691 judul buku. Dan masih berpotensi besar untuk semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Ini sekaligus menobatkan layanan Bookshare sebagai website penyedia konten buku aksesibel terlengkap skala global. Buku-buku di website Bookshare umumnya datang dari mitra penerbit Bookshare, pemindaian ke dalam teks aksesibel oleh sukarelawan, ataupun proses pemindaian oleh team Bookshare itu sendiri.

Bookshare sendiri merupakan inisiasi dari Benetech, sebuah lembaga nonprofit yang bertujuan untuk memberdayakan dan mengatasi permasalahan  sosial masyarakat melalui pemanfaatan teknologi perangkat lunak.  Bookshare adalah satu dari sekian project inisiatif lembaga tersebut.

Situs penyedia buku bookshare sendiri kini telah menjadi Leading Actor dalam usaha menyebarkan akses buku aksesibel lintas batas negara. Hebatnya terdapat sekurang-kurangnya 850 penerbit global berbasis di AS dan Internasional yang bermitra dengan Bookshare pada gerakan kampanye global Born Accessible Future sebagai langkah kesadaran bagi penyedia konten buku dan literatur untuk mulai mengadaptasi konsep aksesibelitas bahkan sebelum konten tersebut diciptakan. Ini berarti, setiap saat penerbit mitra Bookshare hendak menerbitkan buku baru, maka versi digital buku tersebut juga akan dikirimkan ke platform Bookshare untuk dipublikasikan. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk semakin mempercepat akses difabel terhadap konten buku secara instant, real time, dan serentak.

Sekedar catatan, Bookshare untuk saat ini merupakan situs digital berbasis di AS. Sehingga proses reproduksi dan distribusi kontennya berada dalam lingkup hukum copyright exemption—the Chafee Amendment Pemerintah AS yang memberikan keleluasaan bagi organisasi non-profit untuk membuat buku dalam format aksesibel bagi individu difabel netra maupun hambatan membaca tanpa membutuhkan persetujuan dari pihak penerbit. Oleh karena itu, bagi anggota Bookshare yang merupakan pelajar dan mahasiswa di AS secara sah dapat menikmati layanan Bookshare secara Cuma-Cuma berkat adanya pendanaan dari Kementerian Pendidikan Pemerintah AS. Anggota diluar wilayah AS, yang teridentifikasi sebagai difabel harus membayar layanan berlangganan, dan untuk beberapa negara, biaya ini nantinya akan disesuaikan dengan pendapatan serta perekonomian negara yang berdasar pada World Bank Index.

Untuk persyaratan spesifik pengajuan keanggotaan Bookshare sendiri harus memenuhi kualifikasi tertentu yang telah ditetapkan oleh Bookshare. Individu dengan gangguan belajar seperti dyxlexia, difabel netra, dan  difabel fisik yang mengalami kesulitan dalam mengakses bacaan secara konvensional yang telah dibuktikan oleh surat keterangan ahli dapat bergabung menjadi member Bookshare. Ini ditujukan untuk memaksimalkan target penerima manfaat layanan agar tepat sasaran dan juga tetap menjaga akuntabilitas layanan. Setelah resmi teraviliasi sebagai member Bookshare, anggota akan dapat menggunakan akun Bookshare untuk mengakses ribuan macam judul buku, mulai dari fiksi, nonfiksi, novel, literatur perkuliahan, buku motivasi, hingga makalah dan jurnal penelitian.

Format buku yang disediakan juga variatif, mulai dari format Word, Daisy, Epub, bahkan Digital Braille pada beberapa jenis buku. Kompatibilitas mumpuni ini akan memudahkan pengguna dalam mengakses, menyimpan, dan mendistribusikan konten secara lintas gadget, baik melalui smartphone maupun perangkat komputer. Konsep ini sejalan dengan misi dari Benetech, selaku inisiator Bookshare, untuk kemudian menjembatani perkembangan tekhnologi sebagai media dalam mengatasi permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat. dan salah satu permasalahan tersebut menyangkut akses yang minim bagi individu-individu dengan difabel ketika berusaha mengakses literatur dan buku secara aksesibel, baik dengan cara konvensional maupun buku yang tersedia di internet.

Seperti yang telah kita ketahui, kelangkaan buku berformat aksesibel menjadi momok serius dalam pembangunan global yang berprinsip inklusif, berkesinambungan, dan humanis bagi setiap individu. Rendahnya penetrasi konten buku yang dapat secara inklusif dinikmati oleh kelompok difabel, orang dengan kesulitan belajar, serta individu dengan hambatan membaca dapat berpotensi menahan kemajuan individual dan kolektif dari kelompok-kelompok difabel tersebut. Hadirnya Bookshare di antara kita, memunculkan secercah harapan untuk kembali membangun literasi pengetahuan difabel lewat buku dalam format aksesibel, demi terciptanya lingkungan masyarakat difabel global yang edukatif, informatif, dan inovatif melalui konsumsi buku yang berkualitas. Dengan ini, layanan Bookshare memegang peranan vital menjadi konektor untuk para difabel dalam menyerap sumber pengetahuan secara digital.   

Meski belum dapat dikatakan sempurna, layanan Bookshare secara online ini dapat dibilang sebagai platform aksesibel yang paling lengkap saat bagi kalangan difabel netra dalam memperoleh literatur perkuliahan maupun sekolah. Satu hal yang mungkin menjadi kendala bagi sebagian besar difabel adalah masih belum tersedianya buku dalam bahasa Indonesia. kebanyakan buku di situs tersebut sendiri lebih didominasi oleh konten berbahasa Inggris. Selain itu, faktor berlangganan yang tidaklah gratis tersebut juga mungkin menjadi hambatan bagi sebagian pihak. Namun apabila hal-hal ini bisa dikesampingkan, mengingat juga buku-buku diluar sana pada realitasnya merupakan komoditas komersial, Bookshare akan mampu menjadi referensi positif bagi keberlangsungan difabel netra di level lokal dan global. untuk yang berminat mengetahui lebih banyak tentang layanan Bookshare dapat mengunjungi website diwww.bookshare.org  []

 

penulis: Made Wikandana

editor   : Ajiwan Arief

The subscriber's email address.